Pengurus KAMMI Turki Periode 2020-2021 Resmi Dilantik

PERISTIWA-689 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

ANKARA - Pelantikan Pengurus Daerah Istimewa KAMMI Turki periode 2020-2021 dilaksanakan di Teater Kuno Aspendos, Serik Antalya, Turki pada Ahad (29/03/2020). Pelantikan dengan tema "Diaspora KAMMI dan Visi Global Intelektual Muslim" ini dipimpin langsung oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI, Rakhmat Abril Kholis. Tampak hadir, Ketua PPI Turki 2019-2020 dan juga sekaligus Deklarator KAMMI Turki, Darlis Aziz; Ketua MPD KAMMI Turki, Adhe Nuansa Wibisono; dan Eks Ketua Umum KAMMI Turki 2019-2020, Amar Ma'ruf.

"Dengan dilantiknya kepengurusan baru KAMMI Turki semoga menjadi awal kebangkitan cabang luar negeri KAMMI lainnya dan penanda generasi baru intelektual muslim Nusantara di pentas dunia," ungkap Rakhmat Abril Kholis, M.Si.

Rakhmat Abril Kholis, M.Si, menambahkan, ia secara pribadi sangat bangga dan bersyukur dengan pencapaian ekspansi KAMMI ke luar negeri khususnya Turki hingga mampu bertahan dan beregenerasi. KAMMI di luar negeri bukan hanya dipandang perlu sebagai wadah syiar Islam bagi para mahasiswa di sana, melainkan juga sebagai episentrum bagi para Diaspora Mahasiswa di Turki supaya mampu mendatangkan seluas-luasnya manfaat bagi bangsa.

"Selamat untuk pelantikan KAMMI Turki periode ini, semoga amanah sampai akhir masa khidmat", tutur pemuda lulusan Master School of Strategic and Global Studies, University of Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum KAMMI Turki yang terpilih, Adi Sutrisno, S.Pd, berharap KAMMI Turki dapat terus aktif membangun dan menguatkan jaringan internasional dikawasan Eropa & Asia.

Ia menegaskan, dengan adanya ekspansi KAMMI di luar negeri. Harapannya selain menguatkan akses jaringan internasional dikawasan Eropa & Asia, KAMMI Turki juga akan fokus dalam pembentukan sumberdaya manusia melalui akses pendidikan, bisnis dan profesional.

"Selain itu, KAMMI Turki juga akan bersinergi dengan berbagai komunitas diaspora Indonesia yang berada di Turki. KAMMI Turki akan menjalin hubungan baik terutama dengan PPI Turki sebagai wadah bersama pelajar-pelajar Indonesia yang ada di Turki. Dan terakhir, KAMMI Turki akan membuka komunikasi dengan dua cabang ormas Islam terbesar yaitu PCINU Turki dan PCIM Turki," ungkap alumnus Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.

Hingga kini, Ketua Umum PP KAMMI, Elevan Yusmanto, S.IP menyampaikan bahwa hingga saat ini KAMMI sudah memiliki 30 Pengurus Wilayah (PW), 120 Pengurus Daerah (PD), 400 Pengurus Komisariat (PK) serta 9 KAMMI luar negeri", tutur Adi Sutrisno, S.Pd, pemuda yang juga pernah aktif sebagai Sekretaris Jendral PW KAMMI Kalbar periode 2018-2019 dan Eks Ketua Umum KAMMI Komisariat Universitas Tanjungpura Pontianak periode 2015-2016.

Amar Ma'ruf, Ketua Umum KAMMI Turki Periode menyatakan, ia yakin wajah-wajah baru yang ada di kepengurusan punya kreativitias yang lebih tinggi dari sebelumnya. "Dengan potensi itu, saya optimis inaAllah kemanfaatan untuk umat semakin besar," tutur pemuda yang berprofesi sebagai dosen Faperta di Universitas Asahan dan Mahasiswa Doktoral Akdeniz University, Turki.

Sementara itu, Deklarator KAMMI Turki dan juga Ketua PPI Turki 2019-2020, Darlis Aziz, mengatakan, lahirnya KAMMI Turki di LN tidak terlepas dari niat baik kita untuk melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa bahwa dalam rangka untuk mencerdaskan bangsa dan ikut menjaga ketertiban dunia, maka Indonesia harus lebih berperan dalam mengadvokasi hak-hak kemanusian sebagai pengisi peradaban itu sendiri.

"Untuk Turki, Alhamdulillah sejak 2017 yang lalu, kita suda menjalin kerjasama yang strategis dengan berbagai dernek (OKP) dan bahkan dengan beberapa kampus dan juga kebeberapa lembaga aktivis pemuda nasionalis Turki lainnya", tutur mahasiswa pascasarjana Culture Studies and Medya, Hacettepe niv & FSMV Istanbul.

Ketua MPD KAMMI Turki, Adhe Nuansa Wibisono, menyatakan harapannya kepada pengurus baru, agar pasca pelantikan bisa menguatkan hubungan dengan berbagai stakeholder strategis seperti KBRI Ankara, KJRI Istanbul dan PPI Turki. Selain itu KAMMI juga akan bersinergi dengan berbagai ormas Indonesia lainnya di Turki seperti PCI Muhammadiyah, PCI Nahdhatul Ulama, IKAMAT dan IKPM.

Alumnus Kajian Terorisme, Universitas Indonesia, meminta agar bersama-sama diaspora Indonesia lainnya, bisa erperan aktif dalam diplomasi publik untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Turki, tutur mahasiswa Mahasiswa Ph.D Studi Keamanan Internasional, Turkish National Police Academy.

Berdasarkan SK PP KAMMI nomor : 07/SK/KU-i/KAMMI/III/2020, berikut struktur organisasi Pengurus Daerah Istimewa KAMMI Turki Periode 2020-2021 sebagai berikut:

Ketua Umum : Adi Sutrisno

Wakil Ketua Umum : Muhammad Alfatih

Sekretaris Jendral : Abdul Kholil Dontili

Staf Ahli : Arini Qurrata A'yun

Bendahara Umum : Muhammad Juhdan

Staf Ahli : Nida Cahya Hasanah

Ketua Bidang Kaderisasi : Juli Aisyah

Wakil Ketua Bidang : Rasyid Ridho

Staf Ahli : Sifatudda'iyyah NM, Mukhlis Ramadhan, Nayla Maulidatur R.

Ketua Bidang Kajian Strategis : Martunus

Wakil Ketua Bidang : Haritsah Mujahid

Staf Ahli : Rais Aqmaril, Akbar Muchlis, Salsabila Amalia

Ketua Bidang Humas : Nurhafna Zakaria

Wakil Ketua Bidang : Ahmad Muslih Zain

Staf Ahli : Fachruzain Rafi, Nusaibah Ummu Imarah

Ketua Bidang Jaringan : Ridwan El-Mughomieru

Wakil Ketua Bidang : Muhammad Uswatun Haq

Staf Ahli : Umar Abu Hafs bin Abdul Hamid, Farrel Akbar Ghifari

Ketua Bidang Perempuan : Ade Putri Yulianti

Wakil Ketua Bidang : Nabiilatul Izzah

Staf Ahli : Hanifah Nurul Auliya, Atika Zahrah Aulia

Koordinator Wilayah Istanbul : Rais Aqmaril

Koordinator Wilayah Ankara : Hanifah Nurul Auliya

Koordinator Wilayah Bursa : Mukhlis Ramadhan

Koordinator Wilayah Kastamonu: Muhammad Uswatul Haq

Koordinator Wilayah Nigde : Abdul Kholil Dontili

Ketua Majelis Pertimbangan : Adhe Nuansa Wibisono

Anggota Majelis Pertimbangan : Darlis Azis, Amar Ma'ruf

Dewan Pembina : Elevan Yusmanto, Rakhmat Abril Kholis

Nurhafna zakaria (kontributor/Mahasiswa Program Master Sosiologi Agama, Ankara University).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru