Ketua MPR dan Kepala BNPB Ajak Masyarakat Gotong Royong dan Bersatu Melawan Covid-19

PEMERINTAHAN-622 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat dan semua pihak di Indonesia untuk bersama-sama bergotong royong dan bersatu padu dalam melawan pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Doni dalam konferensi pers usai menjamu Ketua MPR Bambang Soesatyo di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap seluruh pejabat negara turut turun tangan tampil di hadapan publik untuk menenangkan masyarakat sekaligus memberikan kepercayaan kepada rakyat bahwa negara hadir dan mampu menghadapi persoalan pandemi COVID-19.

Ditekankan Doni yang juga menjabat sebagai Kepala BNPB tersebut mengatakan bahwa perbincangan bersama Ketua MPR RI beserta rombongannya guna memberikan dukungan moril dan menyepakati untuk bersama-sama mengajak seluruh elemen bangsa bersatu dan bergotong royong sebagai kekuatan bangsa dalam menghadapi wabah Covid-19.

"Kebersamaan gotong royong ini suatu kekuatan bangsa kita, sehingga ketika kita menyampaikan narasi gotong royong satu sama lain memberikan bantuan, ini adalah implementasi Pancasila," kata Doni.

Selain itu, Doni Monardo dan Bambang Soesatyo sepakat bahwa seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan persatuan dan meninggalkan ego sektoral masing-masing. Dengan bersatu padunya seluruh elemen bangsa dari para pemimpin hingga lingkup terkecil di masyarakat bisa menciptakan kekuatan untuk mendorong moril bangsa.

Dengan adanya kekuatan persatuan, kata Doni, bisa memberikan optimisme pada bangsa sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membantu terhindar dari Covid-19.

Selain itu Doni juga meenkankan pentingnya meningkatkan disiplin individu maupun disiplin kolektif dalam mematuhi kebijakan pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19. Doni meminta kepada masyarakat untuk saling mengingatkan dan bersama-sama menghindari ancaman virus. Bagaimanapun juga, kata Doni, langkah pencegahan menjadi prioritas utama dalam penanganan virus SARS-CoV-2 atau corona.

Doni juga berharap para petugas di lapangan baik itu tenaga medis maupun aparatur pemerintahan di daerah untuk meningkatkan keterampilan dalam memahami dan mencegah penyebaran Covid-19. Doni yang juga merupakan Kepala BNPB menyebut para kepala desa memiliki peran yang besar dalam upaya-upaya pencegahan agar warganya di desa terhindar dari wabah virus.

Pemerintah Apresiasi Kampanye Mandiri

Sedangkan dalam kesempatan terpisah, Pemerintah Indonesia sangat memberikan apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan masyarakat secara mandiri untuk mengajak orang di sekitarnya agar tetap tinggal di rumah di era wabah virus SARS-CoV-2 melalui kampanye yang diproduksi lewat konten-konten kreatif.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa hal itu sangat penting karena dalam mengajak khalayak umum untuk disiplin dan patuh untuk tinggal di rumah tidak hanya bisa dilakukan pemerintah tetapi dari berbagai elemen masyarakat.

"Kami sangat bangga dan kagum dengan inisiatif seluruh masyarakat Indonesia untuk memastikan teman, keluarga, kolega untuk tetap tinggal di rumah," ungkap Yuri dalam keterangannya di Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (2/4).

Dalam kesempatan tersebut, Yuri juga memberi apresiasi atas inisiatif warganet yang dituangkan melalui konser amal virtual dan video inspiratif singkat serta menghibur yang berisi tentang ajakan tetap produktif meski tinggal di rumah.

Menurut Yuri, kampanye kepatuhan dan kedisiplinan itu nampak tidak hanya ditujukan bagi pembuat konten tetapi juga untuk seluruh masyarakat secara luas.

Dengan kedisiplinan dan kepatuhan itu, maka dapat mendorong teciptanya pembatasan kerumunan yang menjadi ruang penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

"Terima kasih masyarakat yang bukan hanya patuh dan disiplin untuk dirinya saja, tetapi juga menyemangati agar patuh dan disiplin secara bersama-sama. Terima kasih. Ketahuilah kita sama-sama membutuhkan kerja sama dengan bersatu dengan bersinergi untuk menjaga agar COVID-19 ini bisa kita selesaikan secara sebaik-baiknya," tutup Yuri. Rel/MR

Loading...

Komentar

Berita Terbaru