Sumbar Memasuki Musim Pancaroba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem!

PERISTIWA-554 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

PADANG - Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, BMKG memprediksi, akhir Maret hingga awal Mei 2020 sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode pancaroba, yaitu peralihan musim dari penghujan menuju kemarau. Diantara wilayah yang harus waspada itu, yakni Sumbar, karena berada di pesisir barat Pulau Sumatera.

Dalam rilis yang diterima Sabtu, 28 Maret 2020, Plt. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Dr. Widada Sulistya, DEA menyebutkan, secara umum saat pancaroba, perubahan kondisi cuaca relatif lebih cepat, dimana pada pagi-siang umumnya cerah-berawan dengan kondisi panas terik dan dapat diikuti hujan intensitas tinggi dalam durasi singkat yang dapat terjadi pada siang-sore hari. Kondisi tersebut dapat menimbulkan potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan es, banjir bandang, angin kencang ( > 45 km/jam ) dalam durasi singkat.

Berdasarkan dinamika atmosfer terkini, BMKG memprakirakan pada tanggal 28 -- 31 Maret 2020 potensi Hujan Lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah:

Baca Juga


1. Pesisir Barat Sumatera

2. Jawa Barat

3. DKI Jakarta

4. Jawa Tengah

5. DI Yogyakarta

6. Jawa Timur

7. Bali

8. Kalimantan Barat

9. Kalimantan Tengah

10. Kalimantan Timur

11. Kalimantan Utara

12. Kalimantan Selatan

13. Sulawesi Utara

14. Gorontalo

15. Sulawesi Selatan

16. Maluku Utara

17. Maluku

18. Papua Barat

19. Papua

BMKG menghimbau untuk selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dan mengingat perubahan cuaca juga dapat mempengaruhi kondisi stamina tubuh menjadi lebih rentan, masyarakat dihimbau untuk selalu menjaga kondisi stamina tubuh tetap fit.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkini dapat mengunjungi http://www.bmkg.go.id, akun Twitter dan Instagram di @infoBMKG, atau melalui mobile apps Info BMKG dan juga bisa dibuka web resmi bmkg: http://www.bmkg.go.id. Rel/MR

Loading...

Komentar

Berita Terbaru