Gunung Merapi Alami Erupsi, Tinggi Kolom Capai 5.000 Meter

PERISTIWA-570 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

YOGYAKARTA - Gunung Merapi yang berada di utara Yogyakarta, mengalami erupsi. Dari keterangan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada akun resminya erupsi itu terjadi Jumat (27/3) pada pukul 10.46 WIB.

"Terjadi erupsi di Gunung #Merapi tanggal 27 Maret 2020 pukul 10.46 WIB?" demikian keterangan yang diberikan.

Erupsi ini juga tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 7 menit. Tinggi kolom erupsi mencapai sekitar 5.000 meter.

Baca Juga


"Teramati tinggi kolom erupsi 5.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke Barat Daya," demikian keterangan BPPTKG.

Meski mengalami erupsi, Gunung Merapi tidak mengalami perubahan status. Gunung yang berada di utara Yogyakarta tetap berstatus waspada sejak 21 Mei 2018.

Terakhir Merapi erupsi pada 3 Maret lalu. Tinggi kolom dalam erupsi itu terpantau mencapai 6.000 meter atau 6 kilometer.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida mengatakan bahwa erupsi ini sama seperti erupsi 13 Februari lalu yaitu erupsi gas, demikian dilansir dari kumparan.com. Editor/MR

Loading...

Komentar

Berita Terbaru