Bikin Panik, China Laporkan Ada Virus Baru Lebih Mematikan Untung Tak Menular

Kesehatan-418 hit

JAKARTA - Saat kondisi dunia sedang cemas lantaran pandemi virus corona baru atau SARS-CoV-2, di China muncul kembali virus lain yang disebarkan oleh tikus, yaitu virus hanta atau hantavirus.

Virus ini ternyata telah menyebabkan kematian seorang pria asal Yunnan, China, hanya dalam beberapa jam setelah dinyatakan positif virus hanta.

Sebanyak 32 orang lainnya pun sudah diperiksa dan saat ini dokter tengah menunggu hasil tes mereka, lapor The Health Site.

Dilansir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), sebagaimana ditulis suara.com, Selasa (24/3/2020) hantavirus atau virus hanta termasuk dalam keluarga Bunyaviridae yang disebarkan oleh tikus. Virus ini menyebabkan sindrom paru virus hanta atau hantavirus pulmonary syndrome (HPS).

Seseorang dapat terinfeksi virus ini dengan mengirup partikel virus dari urin, tetes atau air liur hewan pengerat. Gigitan dari inang yang terinfeksi juga dapat menyebabkan infeksi paru ini.

Gejala awal dari HPS termasuk demam, kelelahan, dan nyeri otot di paha, pinggul, punggung, dan bahu. Orang yang terinfeksi juga dapat mengalami sakit kepala, pusing, kedinginan, sakit perut, muntah, mual, hingga diare. Empat hingga 10 hari setelah fase awal penyakit akan muncul gejala HPS lain, seperti batuk dan sesak napas.

Beberapa orang yang telah dinyatakan sembuh dari infeksi ini mengaku gejala yang mereka rasakan seperti ada tali yang mengikat atau bantal yang menutupi wajah sehingga mereka merasa kesulitan bernapas. Ini terjadi ketika paru-paru telah dipenuhi oleh cairan. HPS dapat berakibat fatal dan memiliki tingkat kematian 38%.

Yang sedikit melegakan, meski daya membunuhnya lebih dasyat dari Virus Corona COVID-19 namun virus ini tak menular dari satu manusia ke manusia.. Berbeda dengan COVID-19 yang dapat menular sehingga saat ini telah menyebar.

Nitizen Dibuat Panik

Tagar #Hantavirus merangsek masuk di jajaran topik terpopuler Indonesia, sebab warga China diberitakan meninggal dunia karena terinfeksi virus hanta. Sontak, warganet di Twitter panik karena wabah virus corona SARS-Cov-2 belum juga usai.

Merespon cuitan yang viral tentang #Hantavirus, akun @HilyaTsaniya mengatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun isolasi untuk masyarakat dunia.

Sebab, saat wabah virus corona seperti saat ini, pejabat dunia meminta warganya untuk mengisolasi diri di rumah mereka agar tidak terjangkit virus.

"Ya Tuhan, bahkan belum setengah tahun.. 2020 menjadi tahun isolasi #Hantavirus," kata dia dilansir dari cnnindonesia.com.

Ada juga warganet yang mengalami kepanikan, akun @MutumaMnairobi berharap virus hanta tidak berbahaya.

"Tolong bilang kamu (virus hanta) tidak berbahaya #Hantavirus #TruthBeTold," cuitnya.

Di sisi lain, sebagian netizen memberikan informasi singkat mengenai virus hanta. Akun @agahadiriza mengatakan bahwa virus hanta hanya bisa menyebar lewat urin, tinja atau air liur dari hewan yang terinfeksi virus hanta.

"Kita sudah cukup panik dan banyak rumor yang salah. Jadi, tolong berhenti menambahkan bensin ke dalam api. #Hantavirus bukan virus baru dan tidak menular antar manusia. Virus ini hanya menyebar melalui urine hewan, tinja atau air liur yang terinfeksi. Kita semua berpendidikan, saatnya bertindak yang benar. @Indiatoday," cuitnya. Editor/MR

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru