RSAM Bukittinggi Kekurangan Ruang Isolasi dan APD Guna Penanganan Covid-19

Kesehatan-118 hit

BUKITTINNGGI - Wako Ramlan juga memaparkan kondisi penanganan COVID-19 di Kota Bukittinggi, Sumbar cukup pelik. Rumah sakit Achmad Muchtar sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Sumatera Barat menghadapi kendala keterbatasan jumlah ruang isolasi serta APD (alat perlindungan diri) bagi tenaga medis dan paramedis.

"Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak RSAM, sampai tanggal 22 Maret kemaren terdapat 9 pasien yang masuk, sementara kapasitas ruang isolasi hanya sanggup menampung sebanyak 6 orang. Sedangkan para pasien diprediksi akan bertambah. Disamping itu, jumlah APD yang dimiliki oleh RSAM sangat terbatas", tutur Wako saat memimpin rapat koordinasi di Balaikota, Senin (24/3/2020).

Wako menyebutkan, kondisi tersebut akan segera kami sampaikan kepada Bapak Gubernur Sumbaruntuk tindak lanjutnya.

"Jika diperlukan, kita (Pemko-red) siap memberikan hibah untuk membantu ketersediaan APD di RSAM dalam upaya penangan virus corona ini", sambungnya dilansir dari laman resmi Pemko Bukittinggi.

Dalam situasi seperti saat ini, sambungnya, kita tidak lagi mencari pihak yang seharusnya bertanggungjawab. Situasi ini membutuhkan kerjasama dan merupakan tanggung jawab kita semua.

Minim Ahli Paru

Secara terpisah, Dokter Spesialis Paru yang menangani pasien covid-19 di RSAM Bukittinggi, Deddy Herman menyebut pihaknya belum menerima hasil laboratorium pasien yang dirawat.

"Semua sudah dikirim sampelnya ke Jakarta. Butuh 3 hari sampai sepekan hasilnya baru bisa keluar," katanya.

Berdasarkan hasil rapat dengan Direktur RSAM, sambung Deddy, pihaknya akan menyiapkan bangsal paru dan THT khusus untuk penanganan kasus covid-19. Namun, dia mengeluhkan minimnya jumlah tenaga medis yang terlibat menangangi pasien dengan ciri terjangkit corona.

"Spesialis Paru yang bertugas hanya ada saya dan dokter Taufik dan satu orang dokter baru. Kami berharap ada kiriman dokter dari rumah sakit lain jika ada yang bersedia sukarela bergabung," katanya dilansir dari langgam.id. Editor/MR

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru