Siaga Corona, MTQ di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Tetap Dilakukan

PERISTIWA-884 hit

Penulis: Zal/Taf/Prokom | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG - Ancaman Covid-19 tidak menyurutkan semangat masyarakat Bungus Teluk Kabung mensukseskan MTQ XXXIX. Perhelatan dua tahunan tingkat kecamatan tersebut dibuka secara resmi Wakil Walikota Padang Hendri Septa di Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Sabtu (21/03/2020).

Di sela pembukaan, Wawako Hendri Septa mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan mengurangi interaksi. Hal itu guna menghambat (menghempang) penyebaran virus corona yang saat ini sudah menjadi bencana internasional.

"Kita jaga kebersihan dan mengurangi interaksi agar virus corona yang sudah jadi musibah internasional cepat bisa diatasi," kata Hendri Septa.

Baca Juga


Lebih lanjut, menurut Hendri Septa, sejatinya musabaqah tilawatil quran dihelat tidak lain guna menanamkan nilai islami dengan ruh Al Quran. Untuk itu ia berharap tujuan MTQ dapat teraplikasi dan seluruh peserta terhindar dari wabah seperti corona.

"Kita khawatir dengan penyebaran corona, tetapi kita juga khawatir jika nilai -- nilai luhur dalam Al Quran tidak dapat kita aplikasikan. Sedangkan salah satu tujuan MTQ adalah untuk menanamkan nilai -- nilai quran tersebut, terlebih bagi generasi muda," ulasnya.

Pada kesempatan ini, Hendri Septa membuka MTQ ditandai pemukulan beduk bersama Camat Bungus Teluk Kabung, unsur Forkopimka lainnya, ninik mamak dan tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu, Camat Bungus Teluk Kabung M. Latif mengungkapkan, kegiatan MTQ kali ini dilaksanakan dengan sederhana. Pasalnya, untuk mengantisipasi penyebaran corona terpaksa mengurangi pengumpulan massa yang ramai.

"Sedianya ada pawai kafilah dengan peserta ribuan. Namun dibatalkan mengingat imbauan pemerintah dalam penanganan kasus corona," ujarnya.

Latif menyebut, dua hari ini sampai besok (21 sampai dengan 22 Maret 2020) pelaksanaan MTQ dimaksimalkan. Secepatnya tuntas agar tidak ada lagi keramaian yang beresiko terhadap covid-19.

Selain itu, Latif menambahkan, MTQ Bungus Teluk Kabung murni diikuti oleh qori dan qoriah asal kecamatan setempat. Pihaknya tidak memberi peluang adanya qori "rental".

MTQ Bungus Teluk Kabung melombakan 7 cabang, diikuti oleh 150 qori dan qoriah dewasa, remaja dan anak -- anak. (Zal/Taf/Prokom)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru