Begini Sejarah Ringkas Kabupaten Agam

HISTORIA-12419 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

KABUPATEN Agam mempunyai sejarah yang panjang dan komplit, baik di bidang Pemerintahan maupun di bidang adat istiadat. Diawali dari Kerajaan Minangkabau pada pertengahan abad ke-17, dimana rakyat Minangkabau telah memanggul senjata untuk berontak melawan penjajahan Belanda.

Pemerintahan Minangkabau yang disebut Ranah Minang, dimana Kabupaten Agam tempo dulu, selain Sumatera Barat juga termasuk daerah Limo Koto Kampar ( Bangkinang ) yang sekarang termasuk Propinsi Riau, Daerah Kabupaten Kerinci ( Sungai Penuh ) sekarang termasuk Propinsi Jambi dan sebagian daerah Tapanuli Selatan ( Koto Napan ) yang sekarang secara administrasi berada di Propinsi Sumatera Utara.

Pemerintahan adat mencakup Luhak dan Rantau, dimana Pemerintahan Wilayah Luhak terdiri dari Luhak Tanah Datar, Luhak Limo Puluah dan Luhak Agam. Komisariat Pemerintahan Republik Indonesia di Sumatera yang berkedudukan di Bukittinggi mengeluarkan peraturan tentang pembentukan daerah Otonom Kabupaten di Sumatera Tengah yang terdiri dari 11 Kabupaten yang salah satunya Kabupaten Singgalang Pasaman dengan ibukotanya Bukittinggi yang meliputi kewedanan Agam Tuo, Padang Panjang, Maninjau, Lubuk Sikaping dan Kewedanaan Talu ( kecuali Nagari Tiku, Sasak dan Katiagan).

Baca Juga


Dalam masa Pemerintahan Belanda, Luhak Agam dirubah statusnya menjadi Afdeling Agam yang terdiri dari Onder Afdeling Distrik Agam Tuo, Onder Afdeling Distrik Maninjau dan Onder Afdeling Distrik Talu. Pada permulaan Kemerdekaan RI tahun 1945 bekas Daerah Afdeling Agam dirubah menjadi Kabupaten Agam yang terdiri dari tiga kewedanan masing-masing Kewedanaan Agam Tuo, Kewedanaan Maninjau dan Kewedanaan Talu.

Dengan Surat Keputusan Gubernur Militer Sumatera Tengah No. 171 tahun 1949, daerah Kabupaten Agam diperkecil dimana Kewedanaan Talu dimasukkan ke daerah Kabupaten Pasaman, sedangkan beberapa nagari di sekitar Kota Bukittinggi dialihkan ke dalam lingkungan administrasi Kotamadya Bukittinggi.

Keputusan Gubernur Militer Sumatera Tengah tersebut dikukuhkan dengan Undang-undang No. 12 tahun 1956 tentang pembentukan Daerah Tingkat II dalam lingkungan Propinsi Sumatera Tengah, sehingga daerah ini menjadi Daerah Tingkat II Kabupaten Agam.

Pada tanggal 19 Juli 1993 secara de facto, ibukota Kabupaten Agam telah berada di Lubuk Basung yang dikuatkan dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1998 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Daerah Tingkat II Agam Dari Wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Bukittinggi Ke Kota Lubuk Basung Di Wilayah Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Daerah Tingkat II Agam.

Untuk kondisi sejarah dan sosiologi masing-masing kecamatan dapat di lihat melalui link di bawah ini, sedangkan untuk masing-masing nagari dapat juga dilihat melalui website kecamatan tersebut :

1. Kecamatan Ampek Nagari

Nagari: Batu Kambing, Bawan, Sitanang, Sitalang,

2. Kecamatan Banuhampu

Nagari: Padang Lua, Sungai Tanang, Taluak IV Suku, Pakan Sinayan, Ladang Laweh, Cingkaring, Kubang Putiah

3. Kecamatan Baso

Nagari: Simarasok, Padang Tarok, Koto Tinggi, Tabek Panjang, Salo, Koto Baru

4. Kecamatan Candung

Nagari: Canduang Koto Laweh, Lasi, Bukik Batabuah

5. Kecamatan IV Angkek

Nagari: Panampuang, Biaro Gadang, Ampang Gadang, Batu Taba, Lambah, Pasia, Balai Gurah

6. Kecamatan IV Koto

Nagari: Balingka, Guguak Tabek Sarojo, Koto Tuo, Koto Panjang, Koto Gadang, Sungai Landia, Sianok Anam Suku

7. Kecamatan Kamang Magek

Nagari: Magek, Kamang Hilir, Kamang Mudik

8. Kecamatan Lubuk Basung

Nagari: Geragahan, Kampung Pinang, Lubuk Basung, Manggopoh, Kampuang Tangah

9. Kecamatan Malalak

Nagari: Malalak Utara, Malalak Selatan, Malalak Timur, Malalak Barat

10. Kecamatan Matur

Nagari: Matua Hilia, Lawang, Panta Pauh, Matua Mudik, Tigo Balai, Parik Panjang

11. Kecamatan Palembayan

Nagari: Ampek Koto Palembayan, Sipinang, Sungai Puar, Baringin, Tigo Koto Silungkang, Salareh Aia

12. Kecamatan Palupuh

Nagari: Pagadih, Koto Rantang, Pasia Laweh, Nan Tujuah

13. Kecamatan Sungai Puar

Nagari: Padang Laweh, Sungai Pua, Batu Palano, Batagak, Sariak

14. Kecamatan Tanjung Mutiara

Nagari: Tiku V Jorong, Tiku Selatan, Tiku Utara

15. Kecamatan Tanjung Raya

Nagari: Sungai Batang, Bayua, Tanjung Sani, Koto Gadang Anam Koto, Koto Malintang, Duo Koto, Paninjauan, Maninjau, Koto Kaciak

16. Kecamatan Tilatang Kamang

Nagari: Koto Tangah, Gadut, Kapau

Editor

Sumber: agamkab.go.id

Loading...

Komentar

Berita Terbaru