Senin Depan Pelayanan Tatap Muka di Disdukcapil Kabupaten Solok Ditiadakan Sementara

Pemerintahan-124 hit

AROSUKA - Kantor Dinas Kependudukan dan catatan sipil kabupaten Solok meniadakan sementara layanan tatap muka secara langsung untuk masyarakat dalam urusan kependudukan, guna mengantisipasi penyebaran Corona virus disease 2019 (Covid-19) mulai Senin (23/03) hingga 14 hari kedepan.

Hal itu diungkapkan oleh kepala Disdukcapil kabupaten Solok Radiatul Hayat,SH.MH di ruang kerjanya Jumat (20/03/2020). Penundaan ini lanjut Kadis sesuai dengan surat edaran dari Bupati Solok nomor 470/28/DKPS-2020.

Dalam edaran itu Ada beberapa point penting yang harus kita perhatikan bersama diantaranya : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Solok menunda pelayanan tatap muka terhitung mulai tanggal 23 Maret 2020 hingga 14 hari kedepan dan akan melakukan pelayanan seperti biasa setelah masa itu berakhir.

"Selama masa penundaan, pelayanan tatap muka , masyarakat tetap dapat mengurus dokumen kependudukannya melalui layanan gerakan online dukcapil (Go Dukcapil) melalui media komunikasi berikut : halaman web www.disdukcapil.solokkab.go.id, atau melalui email disdukcapil@solokkab.go.id atau disdukcapil1302@gmail.com, maupun Whatsapp ke no. 0821 4382 0629 dan Telepon /fax 0755 31481, serta Facebook Disdukcapil_solok", ujar Radiatul Hayat kepada Suhanews.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kabid Pemanfaatan Data dan Informasi Layanan Zulfiar.Mpd, beliau mengatakan bahwa masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukannya agar dapat mengirimkan foto berkas persyaratan asli melalui media Go Dukcapil dengan menyertakan nomor handphone yang dapat dihubungi jika sewaktu-waktu petugas membutuhkan konfirmasi data, imbuhnya.

"setiap permohonan yang telah selesai diproses, Dinas kependudukan dan pencatatan sipil akan menerbitkan dokumen kependudukan (kecuali KTP-el dan KIA)yang dapat dicetak sendiri dirumah dengan menggunakan kertas HVS 80 gram ukuran A4 atau dapat diambil diloket distribusi Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok di Arosuka", ucap Zulfiar.

Untuk kebutuhan ktp-el yang sangat mendesak seperti pengurusan BPJS, Rumah sakit , pendaftaran masuk TNI-Polri sambung Zulfiar, akan tetap diberikan pelayanan dengan penanganan secara khusus diantaranya pengecekan suhu tubuh bagi petugas dan pemohon, alat yang digunakan harus didisinfektan, petugas menggunakan sarung tangan dan masker, tangan mohon harus dicuci dengan sabun/ menggunakan handsanitizer yang telah disediakan jelas nya.

"Semoga dengan kesiap siagaan kita semua keadaan ini akan cepat berlalu dan akan kembali seperti sedia kala," tutur Kabid berharap.Editor.

Sumber: suhanews.co.id

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru