SMPN I Payakumbuh Satu - Satunya di Sumbar Sekolah Yang Punya Smart water.

PAYAKUMBUH - SMPN I Payakumbuh satu satunya di Sumbar sekolah yang mengadakan mesin smart water atau mesin untuk pengolahan air bersih guna memenuhi kebutuhan minum bagi seluruh warga sekolahnya.

Pengadaan Smart Water bagi SMPN I Payakumbuh sebagai jawaban dan tindak lanjut dari himbauan Walikota Payakumbuh agar semua elemen di kota Payakumbuh berperan aktif mengurangi sampah plastik.

Untuk mengatasi sampah plastik yang di bawa siswa ke sekolah, kepala SMP Negeri I Payakumbuh Devi Marlitdra membuat terobosan dengan mengadakan mesin pengolahan air bersih yang siap diminum.

Keberadaan mesin pengolahan air bersih tipe RO itu , sangat membantu siswa, guru dan warga sekolah lainnya.

Selama ini siswa membeli air minum mineral dalam kemasan plastik gelas. Dengan jumlah siswa 936 orang, rata rata setiap siswa membeli 3 buah air mineral gelas, berarti terdapat 2808 buah sampah plastik terkumpul di sekolahnya. Itu baru dari siswa, belum lagi dari guru dan pegawai, ujar Devi Marlitdra S.Pd , M Pd kepala SMPN I Payakumbuh dalam percakapan dengan media ini di ruang kerjanya kemarin.

Dengan adanya smart water itu,siswa, guru dan pegawai tinggal membawa botol air minum, sampai disekolah diisi smart water, termasuk warung warung sekolahnya tidak lagi menyediakan air mineral gelas, setiap warung sekolahnya menyediakan galon dan diisi di smart water,sehingga SMPN I Payakumbuh sudah bebas dari sampah plastik.

Keberadaan Smart water SMPN I Payakumbuh itu, telah ditinjua Sekdako.Payakumhuh Drs Ridha Ananda M.Si dan bapak Sekda Sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan di SMPN I Payakumbuh Mengadakan Smart water, jelas Devi Marlitdra.

Med

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru