Warga Nagari Lumpo Harapkan Pembangunan Puskesmas Rawat Inap

PEMERINTAHAN-204 hit

PAINAN - Anggota DPRD Pessel, Al Ermon, dari Dapil I Pessel, mengharapkan pembangunan Puskesmas Lumpo ditingkatkan menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Hal tersebut disampaikan Al Ermon, disela sela pembukaan Musrenbang Kecamatan IV Jurai di Kantor camat setempat, Senin (16/3).

"Masyarakat Nagari Lumpo Kecamatan IV Jurai berharap agar puskesmas Lumpo, bisa ditingkatkan menjadi puskesmas rawat inap," harapnya.

Usulan dan harapan masyarakat itu, kata Al Ermon, sudah merupakan hal mendesak seiring pertambahan dan pertumbuhan jumlah penduduk.

"Melalui Musrenbang ini saya berharap kita bisa bersama-sama memikirkan dan mengusulkan semua potensi yang dimiliki oleh nagari untuk bisa diusulkan melalui APBD tahun 2021," ujarnya.

Bupati Pessel, Hendrajoni, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musrembang merupakan perencanaan untuk pembangunan lima tahun ke depan.

"Rencana pembangunan ini tidak hanya menjadi acuan rencana pembangunan kabupaten, tapi juga dijadikan acuan untuk rencana pembangunan di tingkat provinsi, dan nasional," katanya.

Terkait usulan pembangunan puskesmas rawat inap di Nagari Lumpo, Bupati Hendrajoni meminta agar nagari tersebut bisa menyediakan lahannya.

"Jika lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan puskesmas ini tersedia dan dibebaskan, maka pembangunan puskesmas rawat inap sebagaimana diusulkan itu akan kita prioritaskan," ujarnya.

Hal itu dikatakanya, sebab Pessel memang mentargetkan 20 puskesmas yang ada di daerah itu semuanya rawat inap.

"Kita memang mentargetkan semua puskesmas di daerah ini rawat inap. Target ini akan diupayakan bisa tuntas hingga tahun 2021. Target ini akan tercapai, sebab dari 20 puskesmas yang ada, 13 diantaranya sudah rawat inap di Pessel," ujarnya.

Ditambahkan lagi bahwa selain sarana kesehatan, daerah itu juga memprioritaskan pembangunan bidang pendidikan, dan berbagai sarana fisik lainya.

"Saya katakan demikian, sebab untuk tahun 2020 ini saja, anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan berbagai sarana dan prasarana di Kecamatan IV Jurai mencapai Rp 60 miliar. Ini baru yang ada di Dinas PU, belum lagi pada dinas-dinas lainya," jelasnya lagi.

Musrenbang RKPD tahun 2021 Kecamatan IV Jurai itu, juga dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pembangunan (Bapedalitbang) Pessel, Yoski Wandri, Camat IV Jurai, Salman Alfarisi, para wali nagari, tokoh masyarakat, bundo kanduang, dan berbagai elemen masyarakat lainya. Je/Hms

Loading...

Komentar

Berita Terbaru