Untuk Mencegah Virus Corona,Pemko Payakumbuh Semprot Pasar Ibuh dengan Disinfektan Malam Hari

Kesehatan-211 hit

PAYAKUMBUH - Setelah dilaksanakan di kawasan Pusat Pertokoan Pasar Payakumbuh, Minggu (15/3) pagi, Pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan disinfektan pencegahan Virus Corona (Covid-19) kedua di Pasar Tradisional Ibuh, Minggu (15/3) malam pukul 20.00 WIB.

Aksi lanjutan dari Pemko ini dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal didampingi Sekretaris Ibrahim dan Kabid Humas Diskominfo Hermanto dengan membawa tim dinas kesehatan dan dibantu oleh petugas trantib Dinas Koperasi dan UKM.

dr. Bakhrizal menyebut pasar adalah pusat keramaian yang berpotensi terjadinya penularan kepada Covid-19, tidak terkecuali bukan hanya toko saja, bahkan pasar tradisional harus diberikan disinfektan juga.

"Kita menyemprot pasar tradisional di malam hari karena aktifitas disini berangsur-angsur berakhir saat senja datang dan pasar ini bukanya saat subuh, sedangkan kalau di pusat pertokoan dilaksanakan tadi jam 8 pagi, karena biasanya kawasan toko buka jam 10an, dan malamnya jadi pusat kuliner," kata Bakhrizal.

Bakhrizal juga menyebutkan Wali Kota Riza Falepi mengapresiasi dukungan masyarakat kepada Pemko dalam penanganan Virus Corona ini, meski sampai saat ini kasusnya belum ditemukan di Payakumbuh, paling hanya suspect (terduga) dan itu sudah sembuh dan negatif Corona.

"Masyarakat kita kooperatif dan mendukung usaha yang dilakukan Pemko, Wali Kota mengatakan ini menjadi pemicu semangat kita dalam menjaga keselamatan warga dari bahaya Virus mematikan ini," kata Bakhrizal.

Bakhrizal menyebut meskipun berbahaya dan harus diwaspadai, Virus Corona dapat ditangkal dengan menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), setidaknya dengan sering mencuci tangan, minum air putih yang banyak, dan mengonsumsi vitamin.

"Disamping pemko mengambil dan menjalankan kebijakan-kebijakan dalam menangani masalah Corona ini, kita harapkan masyarakat dapat memproteksi diri dan keluarga dari hal-hal yang dapat meningkatkan resiko penularan virus ini, kami dari Pemko tidak diam, semoga tidak ada warga kita yang terpapar oleh Virus ini, itu harapan kita semua," kata Bakhrizal.

Sementara itu, beberapa pedagang yang masih belum pulang tampak antusias dengan aksi pemko, malahan mereka memberi arahan kepada petugas agar tempat dagangannya disemprot disinfektan.

"Iya kami cemas juga dengan kabar Virus Corona ini, kami berterimakasih kepada pemerintah yang cepat tanggap dan memperhatikan keselamatan warganya, semoga kita semua aman dari Corona, jangan sampai ada lah terkena virus-virus ini," pungkas salahsatu pedagang.

Med

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru