Rektor Prof Ganefri, Ph.D.: Siap Implementasikan Gerakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di UNP

Padang-Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. dalam pidato pada Upacara Wisuda Ke-118 pada hari ini (14/3) yang berjudul "Arah Kebijakan Perguruan Tinggi dalam Menyongsong Gerakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka" menjelaskan beberapa kebijakan Mendikbud yakni kemudahan membuka program studi baru, perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudahan perguruan tinggi menjadi badan hukum, dan hak belajar tiga semester di luar program studi.

"Kebijakan Kampus Merdeka ini amat penting untuk mendorong perguruan tinggi lebih adaptif, mempercepat inovasi di perguruan tinggi, menghilangkan paradigma bahwa pendidikan hanya tanggung jawab satuan pendidikan yang semestinya tanggung jawab bersama industri, asosiasi, dan unsur masyarakat, serta kebijakan Kampus Merdeka juga penting untuk melatih mahasiswa lebih adaptif," jelas Rektor UNP Prof Ganefri.

Pada kesempatan itu Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. mengemukakan bahwa sebagai bentuk implementasi dari gerakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Dirjen Dikti telah meluncurkan gerakan tersebut yang sekaligus menandakan bahwa UNP sebagai kampus pelopor gerakan tersebut di Indonesia.

Untuk itu, jelas Rektor Ganefri, untuk merealisasikan gerakan tersebut, di Universitas Negeri Padang telah dibentuk Tim Perumus, buku panduan Kurikulum UNP yang ditargetkan terlaksana tahun akademik 2020/2021.

Pada akhir pidatonya, Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. mengemukakan bahwa pada Upacara Wisuda Ke-118 UNP akan dilaksanakan selama dua hari (14-15/3) dengan mewisuda sebanyak 2037 orang lulusan yakni 4 orang D2, 187 orang D3, 976 orang S1 Kependidikan, 519 orang S1 Kependidikan, 15 orang profesi konselor, 313 orang magister, dan 28 orang Doktor. (ET)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru