Samsat Keliling Dekatkan Pelayanan, Permudah Masyarakat

PEMERINTAHAN-838 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

LUBUK SIKAPING - Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Lubuksikaping, menerapkan pelayanan jemput bola samsat keliling ke sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Pasaman.

Upaya ini diharapkan dapat mempermudah wajib pajak yang ada di Kecamatan, untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya,, tanpa harus pergi ke Lubuksikaping

Hal tersebut disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Daerah Lubuksikaping Reflis, didampingi Plt. Kasi Penetapan Penerimaan, Wirdawati, Jumat (13/3) di kantornya.

Guna lebih tersosialisasinya program ini, Reflis beserta jajaran giat melakukan sosialisasi ke masyarakat dengan penyebaran brosur, melalui para tokoh dan pihak yang berkompeten di kecamatan, serta melalui informasi media sosial.

Dijelaskan Reflis, Kabupaten Pasaman memiliki rentang kendala tersendiri dalam hal pembayaran pajak kendaraan. Salah satunya terkondisi akibat wilayah Pasaman yang begitu luas, dengan sebaran penduduk hingga ke pelosok- pelosok daerah.

Ada kendala di masyarakat selama ini, terutama yang berada di Kecamatan Mapattunggul, Rao Utara, Rao Selatan, Dua Koto, dan Kecamatan Tigo Nagari, untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan ke Lubuksikaping.

Selain masalah biaya dan transportasi, juga persoalan waktu. Karena untuk ke Lubuksikaping dari beberapa kecamatan jauh tersebut, biasanya akan menghabiskan waktu hingga satu hari penuh.

"Untuk itulah, demi menciptakan pendekatan pelayanan, kami melaksanakan sistem jemput bola ke sejumlah Kecamatan jauh, dengan jadual yang sudah ditetapkan," sebut Raflis.

Untuk tahun 2020, Samsat Lubuk Sikaping menetapkan jadual Samkel sebagai berikut; yakni Pasar Padang Gantiang, Kecamatan Tigo Nagari, hari Selasa, dan pasar Kumpulan, Kecamatan Bonjol pada hari Kamis.

Untuk Kecamatan Rao, yang sebelumnya pada setiap hari Sabtu, digeser ke hari Senin minggu ke 2 di Gedung Serba Guna Rao, dan ditambah hari Rabu minggu ke 2 di kantor Wali Nagari Lansek Kodok, plus pasar Kauman pada hari Jumat.

Dan pelayanan baru, juga dibuka di pasar Simpang Tonang Kecamatan Dua Koto, terhitung mulai Januari 2020 lalu.

Selain itu, juga dilaksanakan pelayanan Samsat Nagari di Kantor Wali Nagari Bahagia Padang Gelugur, semenjak bulan Mai 2019, dengan menempatkan 2 orang petugas.

"Kendati samsat keliling ini bukanlah program baru lagi, namun dari waktu ke waktu akan terus kita lakukan penyempurnaan, serta diupayakan menambah jumlah titik pelayanan yang ada di kecamatan," ujar Reflis menyudahi. BDH

Loading...

Komentar

Berita Terbaru