Gempa 4,7 SR Guncang Pesisir Selatan, Begini Penjelasan BMKG

Peristiwa-436 hit

PADANG - Gempa bumi cukup kuat melanda Kawasan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, Senin (09/032020). Gempa dirasakan sebagain besar wilayah pesisir pantai Sumbar, termasuk di Kota Padang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menacacat gempa kali ini berkekuatan 4.7 SR. Gempa terjadi pukul 23:02:32 WIB di garis Lintang Bumi, 1.73 LS dan 100.30 BT. Gempa berada di kedalaman bumi 21 Km.

Meski berada dangkal dari permukaan bumi, gempa ini tidak berpotensi Tsunami.

Dikutip dari Ingstagram BMKG Padang Panjang, Jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Mentawai.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Padang dan Pesisir Selatan III MMI (getaran dirasakan seolah-olah ada truk lewat). Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotesi tsunami

Hasil monitoring BMKG, hingga pukul 23.40 WIB, tidak ada menunjukkan adanya gempa susulan.

Untuk itu BMKG menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru