SMKN 2 Pariaman Sukses Gelar Asia Speaks

KOTA PARIAMAN - SMKN 2 Pariaman Sukses gelar Asia Speaks. Asia Speaks sendiri adalah salah satu program dari Asia Youth Center (AYC), dibawah Kementerian Belia dan Sukan Malaysia, dan dilaksanakan serentak di 3 Negara di Asean, seperti Brunei Darussalam, Cambodia, dan Indonesia yang dilaksanakan di Kota Pariaman.

"Program Asia Speaks bertujuan untuk menyelenggarakan berbagai program tingkat Asia guna mengembangkan jiwa kepemimpinan, pertukaran kebudayaan, menyampaikan ide-ide tentang pentingnya peran pemuda di tengah arus globalisasi saat ini serta mampu untuk menanggapi isu-isu dunia", ujar Kepala Sekolah SMK N 2 Pariaman, Arrahmi, Kamis (5/3/2020).

"Setiap peserta nantinya dapat saling berinteraksi dengan menggunakan bahasa inggris, mulai dari sesi perkenalan sampai diskusi, hal ini akan meningkatkan kemampuan para pelajar untuk dapat menguasai bahasa inggris agar mampu bersaing di pasar global saat ini", ucapnya lebih lanjut.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada AYC Malaysia, dimana Asia Speaks ini yang tergabung dalam program Malaysia Future Leaders School (MFLS), yang dilaksanakan di Kota Pariaman 3-9 Maret 2020, dimana telah menunjuk SMK N 2 Pariaman sebagai tempat dilaksanakan ajang bergengsi tingkat internasional ini, ulasnya.

"Asia Speaks ini menghadirkan 200 peserta, dimana 60 peserta dari Malaysia, dan sisanya dari pelajar SMK N 2 Pariaman, dan kita juga menghadirkan co speaker dengan memandu awal acara ini dengan memakai bahasa inggris, yaitu Ramzi dan Ivana pelajar SMK N 2 Pariaman", tutupnya bangga.

Sementara itu Ketua Delegasi MFLS, Nur Fariza Binti Husaini Yang menjabat sebagai Senior Assistant Secretary, Kementerian Belia dan Sukan Malaysia mengatakan bahwa acara ini merupakan kerjasama antara AYC dengan Pemko Pariaman melalui DPD KNPI Kota Pariaman.

"Dalam Program MLFS tahun ini kami beri nama "ASEAN Cultural Heritage", dimana pelajar ini dapat saling bertukar kebudayaan, sedangkan untuk Asia Speaks kami beri tema "Social Entrepreneurship", untuk memupuk rasa kepedulian, jiwa sosial, volounter, saling bertukar ide kreatif dan menciptakan kepribadian yang kuat dan handal, yang siap untuk menjadi entrepreneur muda yang mumpuni.

"Kami bersama dengan KNPI Kota Pariaman telah membuat berbagai kegiatan yang menyasar kepada kegiatan pertukaran budaya, pengenalan kerajinan lokal, wisata sejarah, dialog kepemudaan, bhakti sosial, wisata kuliner, serta kunjungan ke destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman", tutupnya.

Selain co speaker dari pelajar SMKN 2 Pariaman acara ini menghadirkan Speaker Utama, Nur Izzati Faghira Binti Amiruddin, dan Faris Hazmi Bin Zulhaimi, serta dimoderatori oleh Annisa Batrisyia Binti Abdul Rashid yang merupakan pelajar dari Malaysia. (***)

Editor/J

Sumber: MC Kota Pariaman

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru