Cegah Virus Corona, Ketua MUI Sumbar: Mari Dekatkan Diri Pada Allah

KESEHATAN-1035 hit

Penulis: 6/3/2020 | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG - Merebaknya virus corona akhir-akhir ini disikapi beragam oleh masyarakat. Termasuk berbagai institusi dan lembaga yang ada di negeri ini, hal ini un menimbulkan beragam dampak ditengah masyarakat. Baik sosial maupun emosional.

Terkait itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan MUI Sumbar mengeluarkan ajakan kepada semua elemen bangsa, khususnya yang beragama islam untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah agar terhindar dari musibah ini dengan memperbanyak taubat, memohon ampun kepada Allah, meninggalkan prilaku zalim, memperbanyak sedekah dan meninggalkan permusuhan, karena virus corona ini bisa jadi merupakan peringatan dari Allah agar umat islam semakin mendekat kan diri kepada nya.

MUI juga mengajak masyarakat melakukan Qunut Nazillah (berdoa untuk menangkal turunnya mala petaka) di setiap sholat fardhu dengan cara bermunajat kepada Allah swt agar dilindungi dari bala dan wabah.

Baca Juga


Selain itu, umat islam juga diajak agar memperbanyak wudhu sesuai tata cara nya secara benar dan sempurna, khususnya saat mencuci ke dua tangan (ghaslul kaiffaini) agar melakukan nya lebih extra dengan memakai sabun agar di yakini lebih bersih. Begitu pula saat berkumur (tamadhmudh) dan saat membersihkan hidung (instinsyaq) agar lebih bersangatan karena sesuai keterangan para ahli kesehatan, cara cara tersebut di yakini dapat menangkal virus corona.

MUI menghimbau pula semua elemen bangsa untuk tetap tenang, bersatu, mengedepankan rasa saling membantu, menghindarkan prilaku saling berbantahan dan saling menyalahkan,serta tidak menyebarkan berita atau informasi yang belum di ketahui kebenarannya ( hoax) dan bersama sama melakukan segala upaya menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus corona tersebut.

Kepada umat Islam MUI meminta agar berpegang teguh kepada pola hidup yang lebih islami, di mulai dengan makan,minum, pakaian,dan muamalah demi meraih Ridha Allah SWT sesuai perintah agama, sebagai firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 168 yang artinya " Wahai manusia makanlah apa yang kami ciptakan di bumi dari segala yang halal yang tidak kami haramkan dan yang baik baik".

Demikian disampaikan oleh Ketua MUI Sumbar Buya Gusruizal Gazahar Dt. Palimo Basa dilansir SuhaNews, Jumat (6/3/2020). Fen/MR

Loading...

Komentar

Berita Terbaru