Corona Virus Mewabah, UNP Tunda Kerjasama Internasional

PADANG - Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar) menunda sejumlah kerjasama internasional yang sudah dijadwalkan, setelah virus corona mewabah. Rektor UNP, Profesor Ganefri mengatakan, kerjasama internasional yang ditunda antara lain, pertukaran dosen dan mahasiswa termasuk penerimaan mahasiswa asing.

"Jadi kita pending dulu kerjasama kerjasama internasional. Ini dilakukan setelah ada warning dari pemerintah," kata Ganerfi usai launching gerakan merdeka belajar, kampus merdeka, yang dilaksanakan di Auditorium UNP, Kamis (05/03/2020).

Sedangkan kerjasama yang sudah berjalan sebelum Corona virus mewabah, tetap berlanjut sebagaimana biasa yaitu kuliah mahasiswa asing di UNP dan sebaliknya kuliah mahasiswa UNP di sejumlah universitas dan perguruan tinggi di luar negeri.

Ganefri menjelaskan, untuk mencegah dampak terhadap kesehatan akibat virus Corona, pihak kampus memberikan sosialisasi kepada mahasiswa, dosen dan karyawan dilingkungan kampus UNP untuk lebih meningkatkan kewaspadaan sekaligus menjaga kebersihan dan kesehatan.

Dirinya juga sudah mengeluarkan surat edaran kewaspadaan dini dan Kesiapsiagaan Menghadapi virus Corona.

Dalam surat edaran tersebut Rektor menekankan bahwa seluruh sivitas akademika UNP tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan keluar negeri terutama ke negara-negara yang tengah terdampak virus Corona.

Seluruh sivitas UNP dianjurkan untuk tidak panik dan selalu melakukan tindakan pencegahan penularan penyakit seperti, menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun cair dan bilas setidaknya 20 detik dan keringkan, serta mencegah kontak dengan penderita batuk/pilek, mengkonsumsi makanan sehat, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menggunakan masker.

Kemudian, bagi sivitas akademika yang mengalami gejala demam, batuk-batuk, sesak napas agar segera melakukan pemeriksaan di Poliklinik UNP atau rumah sakit terdekat.

Selanjutnya, bagi sivitas akademika yang baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri harap membatasi interaksi dengan sivitas UNP lainnya maupun anggota keluarga selama 14 hari sejak kepulangannya ke Indonesia.

Bagi tamu warga negara asing yang berkunjung ke UNP wajib melewati Screening dari Otoritas bandara dan harus membawa Health Certificate dan travel insurance dari negara asal untuk melakukan interaksi di UNP. Mst

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru