MTQ Nasional ke 39 Tingkat Kecamatan Padang Panjang Timur Dimulai

Peristiwa-155 hit

PADANGPANJANG - Pembukaan MTQ Nasional ke 39 tingkat Kecamatan Padang Panjang Timur, Rabu, (4/3), berlangsung Semarak. Kemeriahannya tampak dari acara yang diawali pawai oleh 283 peserta dari 8 kelurahan, dengan rute Kantor Kecamatan Padang Panjang Timur menuju Masjid Islamic Center.

MTQ tingkat Kecamatan itu berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 4 s/d 6 Maret. Ajang MTQ itu sekaligus menyongsong MTQ Nasional tingkat kota, yang akan diadakan pada 23 s/d 25 Maret mendatang.

Acara seremonial di Masjid Islamic Center dibuka oleh Kepala Kemenag Kota Padang Panjang yang diwakili Kasi Pendidikan Agama Islam Suarman, S.Ag. Suarman memuji pembukaan yang menurutnya sudah seperti perhelatan MTQ nasional Tingkat Kota.

" MTQ ke 39 tingkat Kecamatan Padang Panjang Timur kali ini terlihat seperti tingkat kota, ini sangat luar biasa," ungkapnya.

Disamping itu, lewat MTQ di Kecamatan Padang Panjang Timur itu, dia berharap bisa melahirkan qori dan qoriah yang akan menjadi wakil Kota Padang Panjang di Tingkat Sumbar. Dimana Kota Padang Panjang akan menjadi tuan rumah MTQ ke 39 Tingkat Sumbar di tahun 2021.

Camat Padang Panjang Timur, Doni Rahman, S.Pd.I mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja keras menyukseskan acara itu.

Kemudian dia berpesan kepada para peserta yang terdiri dari tingkat dewasa, remaja dan anak anak untuk menjadikan MTQ sebagai Syiar Islam.

" Kepada khafilah, ini bukan sekedar lomba tapi syiar Islam. Jadikan Alquran dekat dengan kita," ungkapnya.

Dari laporan panitia yang disampaikan oleh Ade Afdil, S.Pd.I, MTQ di Kecamatan Padang Panjang Timur memiliki inovasi yaitu, nilai yang diraih langsung ditayangkan, sebagai bentuk transparansi dan menjauhkan manipulasi.

Hal tersebut merupakan perdana untuk kota Padang Panjang. Nilai yang ditayangkan itu selalu update dan dapat di lihat di Masjid Islamic Center lewat proyektor. "Semoga ini bisa diterapkan nanti di MTQ tingkat kota," ungkapnya.

Adapun lokasi dan cabang lomba MTQ yaitu : Masjid Islamic Center dengan cabang lomba Tilawah Remaja dan Dewasa, Masjid Aufu Bil Uqud Koto Katiak dengan cabang lomba Tahfiz, Masjid Taqwa Ngalau dengan cabang lomba Khutbah Jumat dan Syarhil, Masjid Nurul Furqan Tanah Pak Lambiak dengan cabang lomba tilawah tingkat TK dan Anak anak, serta hall Kantor Camat Padang Panjang Timur dengan cabang Fahmil.

Turut hadir, sejumlah pejabat Pemko Padang Panjang, pemuka adat, dan undangan lainnya. (Hrs)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru