Santri TPQ/TPSQ Kampung Baru Kambang Miliki Gedung Baru

KAMBANG PESSEL - Pembangunan gedung Taman Pendidikan Alquran (TPQ) dan Taman Pendidikan Seni Alquran (TPSQ) Kampung Baru Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan, selesai. Para santrinya gembira.

Gedung ruang belajar yang dibangun dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp 100 juta, diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Hendrajoni, Rabu (4/3/2020).

Bupati Hendrajoni dalam sambutannya, mengemukakan, pembangunan sarana pendidikan agama menjadi perhatian serius pemerintah. Lebih lanjut dikatakan, dengan sarana yang baik dan lengkap akan dapat menimbulkan semangat santri untuk terus belajar agama. Termasuk juga bagi santri Taman Pendidikan Al Quran (TPQ), dan Taman Pendidikan Seni Ql Quran (TPSQ) Masjid Hasilul Amal Kampung Baru Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang.

"Pendidikan bidang keagamaan saat ini dijadikan sebagai salah satu prioritas yang diunggulkan di Pessel. Hal itu bukan saja dibuktikan dengan peningkatan sarana dan prasarana gedung TPQ dan TPSQ Kampung Baru ini, tapi juga melalui penyediaan honor guru mengaji dan imam masjid utama di kecamatan-kecamatan," katanya.

Dia berharap kedepan semua kampung di daerah itu memiliki gedung TPQ dan TPSQ, termasuk juga di Nagari Kambang Utara.

"Agar harapan itu bisa terwujud, maka kepada wali nagai diminta dapat menyediakan lahan. Tujuannya agar pengalokasian anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) bisa dilakukan," ujarnya.

Walau demikian dia berharap kepedulian bersama dari masyarakat bisa terwujud.

"Sebab pembangunan bidang keagamaan tidak saja tanggung jawab pemerintah, tapi juga oleh masyarakat lingkungan itu sendiri, termasuk juga di Kampung Baru," ungkapnya.

Tokoh masyarakat Kampung Baru, Erman Sawar, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah Pessel yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan gedung TPQ dan TPSQ tersebut, sebab melalui keberadaan sarana itu anak-anak di nagari itu telah memiliki gedung yang bagus dan juga nyaman.

"Sebagai tokoh masyarakat Kampung Baru, saya menyampaikan ucapan terima kasih, sebab berkat kepedulian Pemda Pessel, kampung ini memiliki gedung TPQ dan TPSQ yang aman dan juga bagus," ujarnya

Ditambahkannya bahwa sebagai kampung yang memiliki potensi besar di sektor perkebunan kelapa sawit, masyarakat Kampung Baru juga berharap agar sarana jalan yang menghubungkan kampung itu dengan Kampung Tanjung Gadang Nagari Amping Parak Timur, juga bisa dibangun.

Sebab masih ada sepanjang satu kilometer ruas jalan di kampung ini masih jalan tanah,

"Dengan dibangunnya ruas jalan itu nanti, maka para petani sawit tidak akan kesulitan lagi mengangkut hasil panenya," timpal Erman. RND

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru