Kuliah Umum FBS UNP: Pertalian Budaya Minangkabau dan Peradaban Melayu

PENDIDIKAN-745 hit

Penulis: ET | Editor: Medio Agusta

Padang-Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, FBS Universitas Negeri Padang melakukan Kuliah Umum dan Diskusi Ilmiah dengan topik "Pengaruh Kebudayaan Minangkabau terhadap Peradaban Melayu" yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen National Institute of Education, Nanyang Technology University dan Universitas Negeri Padang pada hari ini (3/3) bertempat di teater tertutup Mursal Esten, Kampus FBS UNP Air Tawar Padang.

Pada kesempatan itu, pimpinan rombongan National Institute of Education, Nanyang Technology University, Dr. Kartini binti Anwar, M.A. menjelaskan bahwa kehadirannya dengan 18 orang mahasiswa tingkat sarjana dalam pengkajian kesenian dan peradaban (tamadun) Melayu yang meneliti falsafah dan kesenian kebudayaan Minangkabau dan pengaruhnya terhadap kebudayaan Melayu.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. dalam sambutannya ketika membuka kuliah dan diskusi ilmiah tersebut menyatakan bahwa pengkajian falsafah dan kebudayaan Minangkabau dan pengaruhnya terhadap peradaban Melayu amat penting digali dan dikaji untuk menemukan manfaatnya untuk kehidupan manusia manusia.

Baca Juga


"Kebudayaan Minangkabau di Negeri Sembilan Malaysia merupakan perluasan dari Kebudayaan Minangkabau dari Sumatera Barat," jelas Prof. Dr. Hasanuddin WS, M.Hum. Guru Besar Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang.

Menurut Prof. Dr. Hasanuddin WS, M.Hum., falsafah utama kebudayaan Minangkabau adalah adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Demikian juga orang Minangkabau memiliki falsafah alam takambang jadi guru yang juga digunakan sebagai falsafah oleh Universitas Negeri Padang. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru