Ini Cemilan Buat Ketagihan Dari Talawi Sawahlunto

KULINER-1765 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

TALAWI - Kue klasik yang bentuk bulat merekah lebar seperti orang yang sedang tertawa berbahan dasar tepung terigu dan memiliki tekstur yang sangat renyah ini pantas jadi salah satu makanan favorit banyak orang buat cemilan di rumah atau buat oleh -- oleh. Boleh jadi tak ada yang bisa menolak untuk mengemil kue kering Onde -- onde Ketawa ini.

Salah satunya diproduksi kue kering Onde -- onde Ketawa ada di Simpang Tugu Talawi Dusun Talago Desa Talawi Hilie Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, Provinsi Sumateta Barat, olahan tangan trampil industri rumah tangga "Humairah Camilan" yang dipimpin Liswati (47) yang dirintisnya sejak 2014 lalu dan berlabel khusus Bolu Goreng Onde -- onde pletus.

Pengolahannya, sebut Liswati pilihan bahan kue dari tepung terigu, gula pasir yang dihaluskan, baking powder, telur ayam, margarine dan wijen harus benar -- benar kualitas terbaik. Dan sengaja dibuat bentuk mini agar lebih renyah dan terasa dengan berbagai variasi yang disukai seperti rasa coklat, keju dan pandan.

Kemasan sudah sesuai standar kemasan makanan. Irawati menyebutkan, dia juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI serta terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapat izin produk Industri Rumahtangga (P-IRT) nomor 2111373010253-20.

"Sengaja Onde -- onde pletus ini dikemas dalam ukuran kecil berisi 220 gram yang kemasan kedap agar tak mengurangi rasa dan harga sangat terjangkau, hanya Rp10.000 perbungkus" jelasnya.

Hampir disetiap warung atau mini market di kota Sawahlunto menyediakan kue tersebut dan juga telah diditribusikan disentra kuliner, oleh -- oleh dan pusat perbelanjaan baik di kota Padang, Bukittinggi, Bantusangkar dan Payakumbuh.

"Yang terbanyak didistribusikan di Bukittinggi serta sentra makanan dan oleh-oleh dikawasan Tanjung Pati, di Kampung Rendang Payakumbuh. Kalau mau order diluar daerah juga bisa dipesan ke nomor telepon 081277761202," harapnya.

Editor

Sumber: jurnalsumbar.com

Loading...

Komentar

Berita Terbaru