Tradisi Urak Balabek, Puluhan Pandeka Silek Diarak Menumpang Bendi

Pariwisata-162 hit

PADANG - Ratusan pandeka (Pendekar) silat Pauh IX, Kecamatan Kuranji diarak menumpang bendi, Kamis (27/02/2020). Prosesi ini merupakan rangkaian tradisi Urak Balabek, yaitu malewakan (pengukuhan) guru silek (silat) sedaerah ini.

Urak Balabek kali ini digelar oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang. Rombongan dilepas Ketua KAN Pauh V, Muhammad Nazif dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Arfian, bertempat di halaman kantor KAN Pauh V Kecamatan Pauh Kota Padang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian mengatakan, acara Urak Balabek merupakan bagian dari pelestarian nilai-nilai adat dan budaya si Ampek Baleh, yaitu Pauh V dan Pauh IX.

"Kegiatan Urak Balabek ini merupakan tradisi anak nagari Pauh IX, yang terdiri dari sembilan tapian. Kesempatan ini juga dalam rangka melestarikan nilai -- nilai tradisi dan budaya," kata Arfian.

Sementara itu, Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif mengatakan, arak-arakan bendi-bendi mengambil start di halaman kantor KAN Pauh V.

Selanjutnya, arak-arakan akan melewati jembatan Lambuang Bukik terus ke Simpang Kuranji, berbelok ke Belimbing melewati Gunung Sarik, balai baru terus ke Bypass menuju kantor KAN Pauh IX.

"Nanti di kantor KAN Pauh IX akan disambut oleh Ketua MPA KAN Pauh IX dan ninik mamak se Pauh IX," tukuknya.

(Hms/Je)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru