Begini Serunya Jambore Kader PKK di Kota Padang Panjang

KESEHATAN-373 hit

PADANG PANJANG - Memasuki hari ke -3 penyelenggaraan Jambore Kader PKK berprestasi Tingkat Kota Padang Panjang, para Kader PKK Kelurahan mengikuti kegiatan outbound yang dipusatkan di depan Auditorium Mifan, Sabtu (15/02/2020).

Para Kader PKK dari masing-masing Kelurahan yang ada di Kota Padang Panjang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut mulai dari awal hingga akhir.

Kegiatan outbound tersebut diawali dengan permainan berantai yang melambangkam 10 program PKK, dan dilanjutkan dengan permainan kelompok yang meliputi 4 Zona terdiri dari Zona Kreatifitas, Zona Coaching, Zona Team Building, Zona Winning Team.

Dimana setiap 4 Zona permainan tersebut poinnya akan dikalkulasikan oleh dewan juri untuk dijadikan nilai akhir dan penentuan pemenang.

Keluar sebagai pemenang pada outbound Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Kota Padang Panjang tahun 2020 tersebut yaitu Kelurahan Bukit Surungan dengan total nilai 1300, Juara II, Kelurahan Silaing Bawah dengan total nilai 1200 dan Juara III, Kelurahan Ganting dengan total nilai 1100.

Melalui kegiatan ini diharapkan kekompakan antar sesama kadek PKK dapat terus terjalin dengan baik.

Mengasah Daya

Sabtu (15/2/2020), Ketua GOW kota Padang Panjang Ny. Nova Era Yanthy Asrul menjadi juri dalam lomba Simulasi PAAR (Pola Asuh Anak Remaja) yang merupakan lomba Pokja 1, di Panggung Satelit Mifan Waterpark.

Untuk diketahui, pengetahuan pola asuh anak dan remaja ini sangat bermanfaat untuk memberikan pamahaman kepada para orang tua, khususnya kepada anggota TP PKK.

Terkait dengan pola pengasuhan anak dan remaja yang baik dalam keluarga, kegiatan ini juga memberikan masukan untuk membimbing anak-anak mereka dengan penuh kasih sayang dalam keluarganya masing-masing.

Bagi kader PKK, simulasi ini sebagai bekal dan pedoman dalam memberikan penyuluhan, orientasi dan sosialisasi kepada orang tua dalam mengasuh anak dan remaja.

Pada kegiatan ini juga diberikan beberapa judul materi yang di ambil secara acak, jadi para kader dituntut untuk menghafal dan memahami seluruh bagian dari materi. Hal ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi kader.

Pengumuman pemenang di sampaikan langsung setelah acara selesai. Adapun pemenang untuk perlombaan ini adalah juara 1 diraih oleh Kelurahan Guguk Malintang, Juara 2 Kelurahan Pasar Usang dan Juara 3 diraih oleh Kelurahan Bukit Surungan.

Lomba Bermain Peran

Lomba lain yang tidak kalah menarik, yakni bermain peran. Kegiatan ini selain untuk mengembangkan kreativitas Kader PKK, juga berfungsi untuk mensosialisasikan program-program yang ada di dalam PKK.

Adapun beberapa tema yang di mainkan adalah mengenai manfaat Imunisasi, himbauan menggunakan jamban yang baik, Stunting, gizi buruk, pola hidup bersih, gotong-royong, mencegah DBD dan lainnya.

Selain itu, peserta menampilkan berbagai upaya untuk memberikan pemahaman para ibu mengenai pentingnya pangan bergizi, berimbang, beragam dan berkualitas serta mengenai tata laksana rumah tangga sehat.

Para kader menyampaikan pesan menyentuh namun tetap disisipi humor sehingga diharapkan dapat diterima masyarakat dengan mudah.

Bertindak sebagai dewan juri pada lomba tersebut Ketua TP PKK Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP. (Rel/Na/KI)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru