Pemko Padang Panjang Siapkan Administrasi Pengusulan Chatib Sulaiman Jadi Pahlawan Nasional

HISTORIA-721 hit

Penulis: Veteran | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Pemerintah Kota Padang Panjang gelar rapat pengusulan Chatip Sulaiman sebagai pahlawan nasional dengan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) di Aula VIP Balai Kota, Jumat (14/02).

Rapat tersebut berfungsi memberikan masukan dan pertimbangan dalam meneliti dan mengkaji usulan pemberian gelar Pahlawan kepada kepada Tokoh yang dianggap berperan penting dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Martoni, S.Sos, M.Si saat memimpin rapat tersebut mengatakan bahwa nama Chatib Sulaiman memang sudah tidak asing lagi ditelinga, pasalnya di Sumatera Barat saja nama tersebut digunakan sebagai nama jalan, nama gedung dan lain sebagainya.

Baca Juga


"Itu merupakan penghargaan bagi Chatib Sulaiman yang telah berjasa pada zaman dahulu, dan untuk penghargaan kita telah sepakat untuk mengajukan nama beliau untuk terdaftar sebagai pahlawan Nasional," ujarnya.

Maka dari itu, melalui rapat yang dilakukan saat ini diharapkan mampu memberikan masukan dan saling berbagi untuk mengupas serta kilas balik tentang perjuangan yang telah dilakukan oleh Chatib Sulaiman sehingga tercapai hendaknya nama Chatib Sulaiman hadir sebagai Pahlawan Nasional.

"Nantinya hasil dari yang dilakukan oleh TP2GD Kota Padang Panjang ini akan disampaikan kepada Gubernur Sumatera Barat yang kemudian akan diusulkan ke Kementrian Sosial sebagai bahan pertimbangan untuk menerbitkan rekomendasi kepada Presiden Republik Indonesia melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan,"ucapnya.

Begitupun dengan salah seorang anak dari Chatib Sulaiman yakni Sudarman Chatib Datuak Barbanso, ia mengucapkan terimakasih atas perhatiannya terhadap pejuang Chatib Sulaiman.

"Besar harapan kami semoga, pejuang Chatib Sulaiman bisa terdaftar dalam nama Pahlawan Nasional," harapnya.

Perlu diketahui, gugurnya para pejuang kemerdekaan yang dikenal dengan Peristiwa Situjuah pada 15 Januari 1949 silam diantaranya ada 69 pejuang yang gugur dibantai Belanda, termasuk salah satunya Chatib Sulaiman

Menurut Sudarman Khatib Datuak Babangso, Peristiwa Situjuah adalah mata rantai yang tak bisa dipisahkan dengan eksistensi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) 1948-1949 di Sumatera Tengah.

"Chatib Sulaiman salah satu pejuang yang ikut dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, sebelum gugur dalam peristiwa berdarah di Situjuah, Chatib Sulaiman dipercaya sebagai Ketua Markas Pertahanan Rakyat Daerah dalam struktur PDRI,"katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial PKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si akan menyelesaikam secepatnya persyaratan administrasi pengusulan Alm. Chatib Sulaiman dalam mendapatkan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang akan disusun secara sistematis dan didukung dengan data yang akurat.

Adapun Tim dari TP2GD yang hadir pada kesempatan tersebut yaitu, Taslim Dt. Tongga (Sejarawan), Noermen Nazar, Dt. Tan Majo Lelo (Sejarawan), Dr. Azrul Zamaan S. Kar, M. Hum (Akademisi), Dr. Edwar Zebua, M. Pd (Akademisi), Mayor (Purn) Akmal, (Dewan Harian 45), Soleh St. Sampono (Veteran). (Rel/Ki)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru