10 Pustaka Kelurahan di Padang Panjang Didorong Replikasi Mandiri TPBIS

Penulis: Lex | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Sebanyak 10 pustaka kelurahan di Kota Padang Panjang didorong untuk bertransformasi melalui replikasi mandiri mewujudkan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Guna mewujudkan itu, selama dua hari, 24-25 Juni 2024, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Padang Panjang adakan Bimbingan Teknis (Bintek) Strategi Pengembangan Perpustakaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPP-TIK) di Aula Kecamatan Padang Panjang Timur.

Diikuti pemerintah kelurahan bersama Bunda Literasi masing-masing kelurahan, bimtek ini menghadirkan Fitria Diane Pratiwi Syukri, S.S, S.Pd dan Sry Eka Handayani, M.Pd yang keduanya merupakan master trainer program transformasi perpustakaan.

Kepala DPK, Yan Kas Bari, SE menyampaikan, SPP-TIK ini merupakan salah satu upaya pengisian seluruh kegiatan yang ada di TPBIS melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM).

"Kami berharap melalui bimtek ini peserta bisa menerapkan strategi yang disampaikan di kelurahan masing-masing. Bagaimana perpustakaan bisa terkelola dengan baik. Betul-betul menjadi tempat yang bisa dikunjungi masyarakat untuk datang belajar, membaca, belajar teknologi, sehingga output dari program DPK ini dapat kelihatan hasilnya," kata Yan kepada Kominfo, Rabu (26/6/2024).

Dalam bimtek itu, Fitria mengharapkan agar pemerintah kelurahan dapat memberi dukungan kepada pengelola perpustakaan dalam mengimplementasikan program TPBIS setelah mengikuti bimtek inim

Dihari pertama bimtek, Sry Eka memulai sesi dengan materi perkenalan dan penjelasan tujuan bimtek, membangun literasi masyarakat Mlmelalui perpustakaan, literasi digital untuk masyarakat, dan strategi peningkatan layanan informasi.

Dilanjutkan dihari kedua oleh Fitria dengan materi dampak perpustakaan, promosi dan publikasi, cara entry SIM serta monitoring dan evaluasi kegiatan, serta pengelolaan perpustakaan. (Lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru