Wako Erman Safar Buka Malam Anugerah Grand Final Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi Tahun 2024

Penulis: Yus | Editor: Medio Agusta

BUKITTINGGI - Ribuan pasang mata menyaksikan malam anugerah Grand final pemilihan Duta GenRe kota Bukittinggi tahun 2024 yang dibuka Wako Erman Safar di Stasiun Lambuang, Sabtu (15/06).

Malam Anugerah Grand Final Pemilihan Duta Genre Kota Bukittinggi Tahun 2024 itu, digelar pemko Bukittinggi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB).

Pada kesempatan itu Walikota Bukittinggi Erman Safar, menyampaikan, kegiatan duta GenRe (Generasi Berencana) ini merupakan kegiatan yang sangat tepat, karena dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri generasi muda yang menjadi generasi yang berkarakter serta berintegritas dikalangan kampus, sekolah maupun masyarakat.

Baca Juga


"Kami berharap dengan terbentuknya duta Genre Kota Bukittinggi ini nantinya bisa menjadi motivator untuk menjalani kehidupan remaja yang jauh dari perilaku negatif seperti sex bebas, LGBT pernikahan dini dan ketergantungan pada obat-obatan terlarang atau narkoba serta menjauhkan diri dari bahaya AIDS, sehingga mampu menciptakan generasi emas yang secara tidak langsung dapat menekan kasus stunting," ungkap Wako.

Sementara Kepala DP3APPKB Bukittinggi, Nauli Handayani,dalam laporannya mengatakan, program GenRe merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dengan mengajarkan remaja untuk mejauhi pernikahan di bawah umur, penyimpangan seksual dan napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Tercatat Jumlah PIK Remaja Kota Bukittinggi saat ini 23 kelompok, yang terdiri dari 3 kelompok PIK Remaja jalur masyarakat dan 20 PIK Remaja jalur sekolah. Diharapkan Kelompok PIK Remaja ini menjadi wadah bagi mereka untuk berkumpul, berbagi cerita, berkreatifitas dan saling bertukar informasi, jelasnya.

Dikatakannya, pemilihan Duta GenRe 2024, diikuti oleh 72 peserta. Setelah seleksi administrasi, dijaring 63 peserta yang memenuhi syarat. Kemudian mereka yang lulus ikuti tes tulis pada tanggal 3 Februari 2024 dan menyisakan 43 peserta, untuk selanjutnya mengikuti tes psikotes dan wawancara tanggal 20 Februari 2024 dan menyisakan 20 orang yang menjadi Finalis.

BKKN Provinsi Sumatra Barat yang diwakili Ketua Tim Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting, David Arga, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bapak Walikota Erman Safar dan Pemerintah Kota Bukittinggi yang telah memberikan dukungan serta support terhadap program Generasi Berencana ini. Program Generasi Berencana ini dirancang oleh BKKBN guna menciptakan generasi yang berkualitas. Bagi para finalis yang terpilih malam ini akan menjadi komando dalam kepemimpinan di masa yang akan datang.

"Saat ini para remaja di hadapkan dengan masalah-masalah seperti pergaulan bebas atau narkoba, jika mereka bisa melewati masalah itu secara otomatis akan terbentuk untuk menjadi calon pemimpin masa depan," ungkapnya

Hasil penilaian pada malam grand final, itu, terpilihnya Julien Felipe Simbolon dari SMAN 5 Bukittinggi menjadi juara 1 Duta GenRe Putra Bukittinggi 2024, dan Tania Aulia Divani

dari Kemenkes Padang , menjadi Juara 1 putri Duta GenRe Putri Bukittinggi 2024.

Juara 2, putra Nabil Putra Ramadhan dari SMAN 4. Juara 2 putri Zuleykha Qolby Lubis dari SMAN 4 . Juara 3 putra Muhammad Reva Aditya dari SMAN 5 dan Juara 3 putri Ara Rahmadhatul Fadhila dari SMAN 1.

(Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru