H. Benny Utama, Kader Golkar Pro-Rakyat

POLITIK-411 hit

"Tsunami" politik betul betul menyapu Sumatera Barat. Partai partai yang memeliki sistem mumpuni dan selalu menjadi tiga besar, "oyong" dihantam "badai politik 2019". Satu diantara puluhan kader Golkar tersebut bernama Benny Utama tetap mampu melejit dan meraih suara hampir 30.000 suara. Seperti apa figure Benny Utama?, Berikut Liputannya.

PADANG -

Di sisi lain, ada beberapa catatan program pro-rakyat, yang digagas dan dijalankan Pemkab Pasaman periode 2010- 2015, beserta regulasi yang memayungi pelaksanaannya. Diantaranya pendidikan gratis 12 tahun, dari SD hingga tamat SLTA, plus remedial free (belajar tambahan gratis) bagi siswa kelas tiga SMP dan SLTA yang akan menghadapi UN. Selain itu program Universal Health Coverage atau asuransi kesehatan gratis bagi seluruh jiwa masyarakat Kabupaten Pasaman, plus penginapan gratis di dua hotel/wisma bagi keluarga penunggu pasien RSUD Lubuk Sikaping.

Membebaskan isolasi daerah pinggir dan tertinggal, dengan membangun ratusan kilometer akses jalan dan puluhan unit jembatan beton, dalam masa empat tahun anggaran. Ada juga inovasi program yang bermuara langsung bagi masyarakat, diantaranya Pembangunan Partisipatif Berbasis Nagari (P2BN), atau pola pembangunan pemberdayaan masyarakat, yang diprogram, dilaksanakan dan diawasi langsung oleh masyarakat di nagari-nagari, dengan kucuran puluhan milyar dana APBD murni Kabupaten Pasaman setiap tahunnya.

Benny kecil mengawali pendidikannya Kaluai, Lubuk Sikaping Kabupaten pasaman. Masa kecilnya dihabiskan layaknya anak kampung lainnya. Sekolah, mengaji dan bermain menjadi aktivitas hariannya diwaktu kecil selain membantu orang tuanya. Pendidikan dasar hingga sekolah menengah atas di tempuh Benny Utama di Lubuk Sikaping Pasaman. Selepas SMA Benny melanjutkan pendidikannya ke Fakuktas Hukum Muhamadiyah di Kota Bukittinggi.

Layaknya mahasiswa Fakuktas Hukum tentulah cita citanya berada di jalur yudikatif. Bak menemui jalan lurus selepas menamatkan pendidikan Sarjana Hukum Benny diterima di kejaksanaan. Disinilah Beny mulai merintis karir.

Buah memang tak jauh jatuh dari batangnya. Darah pengusuha sang ayah ternyata mengalir di tumbuh Benny Utama. Pada tahun 1997 Benny mengundurkan diri dari kejaksaan dan merintis beberapa usaha dibidang perkebunan dan energy. Berkat tangan dinginnya usaha itu berkembang pesat.

Sukses berbisnis di perantauan membuat anak seorang guru ini terpanggil pulang kampung. Tepat diakhir tahun 1999 Benny pulang ke Pasaman dan mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati bersama Baharudin R.

Dari sinilah karir politik Benny Utama dimulai. Posisi sebagai Wakil Bupati membuat Benny belajar banyak tentang pemerintahan dan politik. Sejumlah partai politik datang meminang untuk menjadi pimpinan partai di Kabupaten Pasaman. Tepat pada tahun 2002 Benny menjatuhkan pulihan ke Partai Golkar dan menjadi Ketua DPD Golkar Kabupaten Pasaman.

Jalan mulus di dunia politik tak selalu linier dengan perjalan karir nya dalam jabatan politik di eksekutif. Ketika Benny Utama memutuskan maju jadi Calon Bupati namun belum beruntung. Walau tak beruntung, Benny tak patah arang. Buktinya, membaur dan menyatu dengan konstituen tetap dilakukan hingga mengantarkan Golkar kembali menjadi pemenang pemilu pada tahun 2009-2014. Kemenangan ini mengantarkan Benny Utama menjadi Ketua DPRD Pasaman pada tahun 2009-2010.

(BHN)

Loading...

Komentar

loading...

Berita Terbaru