Bahayakan Pengendara, Pemkab Pessel Tutup Jembatan Gantung Muaro Pasar Baru Bayang

PERISTIWA-348 hit

Penulis: Ynd | Editor: Marjeni Rokcalva

Pesisir Selatan - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menutup penggunaan jembatan gantung Mauaro Pasar Baru di Luhung, Pasar Baru di Kecamatan Bayang, daerah setempat karena kondisi jembatan yang sudah tidak layak untuk dilewati kendaraan.

"Penutupan kami mulai sejak 03 Maret 2023," kata Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pesisir Selatan, Fahresi Eka Siska dihubungi di Painan, Kamis, 25 April 2024.

Eka menambahkan, penutupan dilakukan dengan mememasang barrier dan rambu agar jembatan tidak dilewati pengendara guna mengantisipasi terjadinya korban jiwa dan benda.

Baca Juga


Kemudian sebagai tindak lanjut dilakukan sosialisasi berjenjang mulai dari Wali Nagari Pasar Baru hingga Camat Bayang.

"Hanya saja imbauan kami tidak diindahkan oleh pengendara, padahal risiko cukup besar menanti jika pengendara tetap nekat melewati jembatan," ungkapnya.

Padahal imbuhnya, terdapat jalan nasional yang lebih layak untuk dilewati ketimbang tetap nekat melewati jembatan, meski terdapat selisih jarak sekitar dua kilometer.

Terkait jembatan itu, sebutnya, pihaknya telah mengusulkan ke Kementerian PUPR agar dibangunkan jembatan rangka.

"Untuk sementara kita mesti bersabar menjelang usulan direalisasikan," ujarnya.

Terakhir, Eka juga menyebut bahwa, upaya perbaikan sementara melalui pemeliharaan rutin seperti sebelum sudah tidak bisa dilakukan terhadap jembatan, sebab kondisi yang sudah cukup parah. (Ynd)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru