Aplikasi KORTARA UNP Versi 2024 Kembangkan Beberapa Fitur Baru; Dikunjungi Peneliti 27 Negara

PENDIDIKAN-673 hit

Penulis: MR | Editor: Ermanto

PADANG - Aplikasi Linguistik Korpus KORTARA yang dikembangkan oleh peneliti dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang pada saat ini telah memasuki KORTARA versi 2024 dengan menambah beberapa fitur baru yang makin memudahkan para peneliti bahasa sastra budaya dan humaniora untuk mengumpulkan data penelitian secara digital baik data kualitatif maupun data kuantitatif.

Demikian disampaikan Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., salah seorang Pencetus Aplikasi Linguistik Korpus KORTARA yang juga Guru Besar Linguistik yang juga Dekan FBS Universitas Negeri Padang kepada wartawan portal beritaminang.com pada Rabu pagi (24/4) bertempat di Kampus FBS UNP Air Tawar Padang.

Lebih lanjut, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., menyampaikan bahwa Aplikasi Linguistik Korpus KORTARA ini telah dikembangkan sejak versi awal tahun 2022, kemudian dikembangkan lagi menjadi versi 2023, dan sekarang menjadi versi 2024 dengan beberapa fitur yang diperlukan oleh peneliti bahasa sastra budaya dan lebih luas bidang humaniora.

Baca Juga


Lebih lanjut Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menyampaikan bahwa selama 2 tahun ini, Aplikasi Linguistik Korpus KORTARA FBS UNP sudah digunakan banyak peneliti dan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi dan tesis magister.

"Aplikasi Linguistik Korpus KORTARA yang dibuat dosen peneliti dari FBS Universitas Negeri Padang ini juga telah dikunjungi oleh dosen-dosen atau peneliti dari 27 Negara di dunia," tambah Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.

Kata Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. fitur-fitur yang sudah ada dalam Aplikasi Linguistik Korpus KORTARA versi 2024 ini adalah pencarian konkordansi berdasarkan identifikasi kata dan kuantitasnya; pencarian konkordansi berdasarkan identifikasi kelompok kata dan kuantitasnya; pencarian konkordansi berdasarkan identifikasi kolokasi kata dan kuantitasnya; pencarian konkordansi berdasarkan identifikasi kata berimbuhan dan kuantitasnya; pencarian konkordansi kalimat dan kuantitasnya.

"Aplikasi Linguistik Korpus KORTARA FBS Universitas Negeri Padang telah diterapkan oleh penggagas untuk penelitian baik dengan dana DRTPM Kemendikbudristek dan penelitian dengan dana Universitas Negeri Padang," tukuk Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.

Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. juga menyampaikan bahwa Aplikasi Linguistik Korpus KORTARA ini dimulai dengan penelitian yang didanai oleh DRTPM Kemendikbudristek tahun 2022 lalu. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru