Pj Wako Padang Panjang Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan

EKONOMI-222 hit

Penulis: Harris/Lex | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si bersama jajarannya ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idulfitri 2024 secara virtual dan serentak di nasional, Senin (1/4/2024) di ruang VIP Balai Kota.

Apel siaga ini dilanjutkan dengan Gerakan Pangan Murah yang bertujuan guna memastikan ketersediaan pangan dengan harga terjangkau bagi seluruh masyarakat jelang Lebaran di 38 Provinsi serta 514 kabupaten dan kota.

Turut hadir, Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Menteri Dalam Negeri diwakili Inspektur Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir Balaw, dan Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi.

Baca Juga


Pj Wako Sonny menyampaikan momentum tersebut menunjukkan sinergi dan kolaborasi antarpemerintah pusat dan daerah serta seluruh stakeholders terkait.

"Hal ini guna memastikan ketersediaan dan aksesibilitas pangan yang cukup bagi seluruh masyarakat terutama di tengah meningkatnya permintaan dari kebutuhan selama periode puasa dan juga Idulfitri pada tahun ini," katanya.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan menuturkan harga pangan cenderung turun beberapa hari jelang Lebaran khususnya di daerah Sumatera, Jawa, dan Bali.

"Alhamdulillah lancar harga bisa dikendalikan dengan baik. Sebagian besar harga terkendali, produksi meningkat," ucapnya.

Adapun Tomsi Tohir Balaw meminta setiap daerah memperhatikan stabilitas keamanan selama bulan Ramadan dan Idulfitri, pengaturan pasar tumpah agar tak terjadi kemacetan, dan sinergi antara Forkopimda guna meningkatkan kesiapsiagaan terhadap gangguan trantibumlinmas.

Terpisah, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdako, Putra Dewangga, S.S, M.Si melaporkan Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kota Padang Panjang untuk minggu keempat Maret 2024. Yaitu 3,30 atau berfluktuasi sedang. Komoditi utama yang berkontribusi untuk fluktuasi ini ialah cabai merah, beras dan bawang merah. (Harris/Lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru