Berita Pariwara |

Delapan Kali Berturut-turut, Padang Panjang Raih Predikat WTP

PEMERINTAHAN-250 hit

PADANG - Untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut, Pemko Padang Panjang raih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Wilayah Provinsi Sumatera Barat. Padang Panjang pun menjadi kota pertama di Sumbar yang meraih WTP untuk tahun ini.

Pada WTP ke-8 kalinya ini, Kepala Perwakilan BPK Sumbar, Arif Agus, S.E, M.M.Ak, CPA, CSFA menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD 2023 kepada Pemko Padang Panjang yang diterima Pj. Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si dan Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom, Kamis (4/4/2024) di Kantor BPK Sumbar. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara LHP LKPD 2024 dan LHP Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Dana Banparpol.

Arif Agus mengatakan, Padang Panjang berhasil meraih Opini WTP berdasarkan penilaian LKPD 2023 yang menyatakan laporan keuangan entitas yang diperiksa menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-pj-wako-padang-panjang-dan-kepala-bpk-perwakilan-sumbar-berpose_foto3_050424011823.jpeg

Ia juga mengapresiasi Padang Panjang yang sudah mendapat predikat WTP untuk kedelapan kalinya.

Sementara itu, dengan kembalinya mendapatkan predikat WTP, Pj Wako Sonny menyampaikan, ini merupakan bentuk komitmen bersama dalam mengelola pemerintahan yang akuntabel, profesional dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Alhamdulillah. Predikat WTP kedelapan kalinya ini, bentuk komitmen Pemerintah Kota bersama DPRD untuk menjunjung tinggi azas Kota Padang Panjang Cerdas dan Berintegritas," tegasnya.

Sonny mengatakan, apapun catatan dari hasil pemeriksaan akan segera ditindaklanjuti dengan harapan Pemerintah Kota akan jauh lebih baik lagi. Baik dalam inovasi, prestasi maupun akuntabilitasnya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-pj-wako-padang-panjang-foto-bersama-aparat-terkait-usai-terima_foto2_050424011823.jpeg

Dalam kesempatan yang sama, Mardiansyah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPK terkhusus tim pemeriksa yang datang langsung ke Padang Panjang. Berkat kerja sama dan komunikasi yang baik Padang Panjang kembali menerima WTP.

"Ke depannya kita bersama-sama akan berusaha kembali untuk menjadi lebih baik. Predikat WTP ini menjadi hadiah terbaik yang kami terima menjelang Hari Raya Idulfitri ini," sebutnya.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Dr. Winarno, M.E juga mengucapkan terima kasih berkat kerja sama tim dalam penyusunan laporan keuangan, baik itu tim pengelola keuangan maupun dari OPD dan juga Inspektorat.

"Kita sudah mendapatkan opini WTP untuk penyusunan laporan keuangan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini kita kembali menerima piagam penghargaan WTP, pencapaian WTP dari Kementerian Keuangan. Ini merupakan yang ke-8 kalinya kita mendapatkan opini WTP berturut-turut," terangnya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-pj-wako-padang-panjang-teken-penyerahan-wtp-kedelapan-dari_foto1_050424011822.jpeg

Namun demikian, dikatakan Winarno, untuk ke depan perlu menetapkan rencana strategis penyusunan laporan keuangan ini. Di antaranya menindaklanjuti temuan-temuan BPK tahun sebelumnya.

"Jadi temuan-temuan BPK itu kita tindaklanjuti, kita clear-kan sehingga tidak ada lagi temuan berulang. Kemudian kita upayakan mempercepat penyelesaian permasalahan aset daerah. Ini yang menjadi temuan BPK dalam setiap tahunnya," jelasnya.

Ditambahkannya, WTP ini adalah semacam cambuk atau motivasi untuk meningkatkan kinerja sesuai yang diamanahkan negara dan masyarakat. Di sektor sistem pengelolaan keuangan negara ini, bagian keuangan sangat dituntut ekstra hati-hati dalam bekerja.

"Alhamdulillah, berkat koordinasi yang baik antar-OPD, sistem pengelolaan keuangan kita dapat berjalan baik sesuai aturan," terangnya. (*)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru