Gubernur Sumbar Jadi Irup Pembukaan TMMD ke-119 di Pasaman

PERISTIWA-232 hit

Penulis: Adpsb/cen | Editor: Vajrel Tri Ananda

PASAMAN - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menyebut agenda TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai upaya nyata merajut simpul masyarakat, TNI/Polri, dan Pemerintah Daerah (Pemda). Hal itu disampaikan Gubernur saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pembukaan TMMD ke-119 Tahun 2024 di Lapangan Kantor Bupati Pasaman, Selasa (20/2/2024).

"Pelaksanaan TMMD adalah wujud kebersamaan dan sinergi dalam pembangunan bangsa, yang sangat sesuai dengan amanat Sila ke-3 Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. Di samping itu kita juga meyakini, prinsip gotong royong yang menjadi landasan dalam setiap pelaksanaan TMMD, akan turut mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan yang kita hadapi," ucap Gubernur dalam amanatnya.

Gubernur berharap, agar pelaksanaan TMMD ke-119 tahun ini yang mengusung tema Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Wilayah, akan dapat menuai hasil maksimal. Oleh karenanya, ia meminta seluruh pihak dan lapisan dalam masyarakat, berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan TMMD di Sumbar.

Baca Juga


"Kita berharap tema ini benar-benar menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi seluruh pihak dalam mendukung pelaksanaan TMMD, sehingga agenda ini betul-betul maksimal membantu Pemda dalam percepatan pembangunan di segala bidang, dan pada akhirnya bermuara pada kondisi masyarakat yang lebih maju, makmur, dan sejahtera," ucap Gubernur lagi.

Gubernur juga mengingatkan bahwa kriteria dan prioritas sasaran dalam kegiatan TMMD antara lain adalah daerah perdesaan yang tergolong tertinggal, terisolir atau terpencil, daerah perbatasan atau pulau-pulau kecil terluar, daerah kumuh perkotaan, serta daerah yang terdampak oleh kejadian bencana.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengapresiasi peran serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di provinsi dan kabupaten/kota, dalam mendukung terlaksananya TMMD di Sumbar. Menurut Gubernur, peran serta tersebut adalah aksi nyata dalam mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kami ucapkan terima kasih atas bantuan fisik maupun nonfisik yang telah diberikan. Sehingga, semangat membangun melalui TMMD bukan lagi dirasakan oleh TNI dan rakyat semata, melainkan juga dirasakan oleh seluruh komponen bangsa yang turut bersinergi dan berkolaborasi," tutur Gubernur mengakhiri. (Adpsb/cen)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru