Antisipasi Kerawanan, Pj Wako Padang Panjang Patroli Pengawasan Pemilu Bersama Bawaslu

POLITIK-280 hit

Penulis: Shintia/Lex | Editor: Ade MS

PADANG PANJANG - Mengantisipasi kerawanan Pemilihan Umum (Pemilu), Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Padang Panjang lakukan Patroli Pengawasan Pemilu 2024, Selasa (13/2/2024).

Juga diikuti Wakapolres, AKBP Syofyan Efendi, Kepala Kejaksaan Negeri, Jerniaty, M.H, Komandan Kodim 0307/Tanah Datar, Letkol. Czi. Sutrisno, MIP, Ketua KPU Padang Panjang, Puliandri, Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, SSTP, M.Si, Kepala Satpol PP Damkar, Benny, SSTP dan lainnya.

Patroli ini merupakan instruksi dari Bawaslu RI untuk pengawasan pada masa tenang pemilu, dengan meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang termasuk ke TPS rawan. Di antaranya memiliki sejarah pelanggaran dengan jumlah tinggi, menjadi wilayah/domisili pasangan calon (paslon), tim kampanye dan relawan.

Baca Juga


Lalu, DPT-nya bermasalah (tidak akurat), pemilihnya banyak tidak di rumah pada hari pemungutan suara, lokasi TPS sulit dijangkau pemilih dan TPS yang lokasinya dilanda bencana alam/gangguan keamanan.

"Jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi segera carikan solusi yang tepat. Seperti di TPS 4 Kelurahan Pasar Baru ini, jika terjadi hujan deras akan banjir. Alhamdulillah sudah ada tempat cadangannya. Namun persiapkan dari sekarang baik itu meja-meja dan hal lainnya agar besok tidak panik dalam bekerja," ujar Pj Wako Sonny.

Sementara itu Ketua Bawaslu Padang Panjang, Hidayatul Fajri, S.IP mengatakan, untuk kerawanan TPS, ada dua potensi yang perlu diperhatikan. Di antaranya kerawanan bencana dan kerawanan pemilu.

"Sama-sama kita ketahui Padang Panjang memiliki cuaca yang tidak bisa diperkirakan. Saat ini kita lihat angin kencang juga hujan. Kita berdoa ini tidak terjadi besok," jelas Fajri.

Untuk kerawanan pemilu, tambahnya, ada beberapa TPS pada pemilu sebelumnya, terjadi kesalahan pada DPT. Juga ada TPS yang berdekatan. "Ini kita antisipasi besok dengan petugas-petugas yang mengarahkannya," tuturnya lagi.

Beberapa TPS yang dikunjungi dalam patroli ini, di antaranya TPS 4 Kelurahan Pasar Baru, TPS 8 Kelurahan Kampung Manggis, TPS 6 Kelurahan Bukit Surungan, TPS 901 Rutan, TPS 9, 2 dan 3 Kelurahan Guguk Malintang. (Shintia/Lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru