SMA Negeri 11 Solsel, Gelar Panen Raya P5, Masakan Bahannya Daun Singkong

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Lubuk Malako - Berbagai bahan makanan olahan dari daun singkong (pucuk daun ubi-red) disajikan oleh seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Solok Selatan dalam suatu kegiatan pameran di halaman sekolah tersebut, Jumat (18/11/2023).

" Kegiatan ini adalah bagian dari program sekolah dalam meningkatkan kompetensi siswanya dengan melaksanakan panen raya Projek Penguatan Pancasila (P5), sesuai dengan konsep dan arahan pada kurikulum merdeka, " jelas Kepala SMA Negeri 11 Solok Selatan, Lili Suryani pada Beritaminang.com.

Dijelaskannya bahwa ada beberapa projek yang harus dilaksanakan oleh siswa dalam melaksanakan kurikulum merdeka tersebut, diataranya yang sudah diterapkan bidang Kewirausahaan yang kegiatan tersebut sudah terlaksana sebelumnya dalam proses pembelajaran.

Baca Juga


Menurut Lili Surayani, bahan olahan yang sudah ditetapkan oleh sekolah adalah tanaman singkong. Dikarenakan panen singkong harus enam bulan, maka tahap pertama pihak sekolah melaksanakan berbagai olahan makanan dari daunnya untuk panen projek P5 tersebut.

" Karena panen singkong lamanya selama enam bulan, maka sebelum siswanya mengolah singkong untuk berbagai jenis makanan, terlebih dahulu kita jadikan daunnya untuk berbagai menu makanan," jelasnya.

Ditambahkan Lili, bahwa daun singkong menjadi primadona untuk menu makanan sehari-hari ala rumahan di daerah ini. Pasalnya, daun singkong itu bisa diolah dalam berbagai macam menu masakan. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai pendamping nasi saja, namun juga bisa jadi camilan enak," jelasnya.

" Seperti biasanya kita hanya mengolah daun singkong menjadi masakan bersantan saja, akan tetapi siswa bisa mengolahnya dalam berbagai macam masakan lainnya. Daun singkong juga mengandung nutrisi, mulai dari protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral penting dibutuhkan tubuh," terang.

Pelaksana panen raya P5 yang dilaksanakan di sekolah tersebut, berjalan dengan sukses dan menampilkan berbagai menu masakan yang berbahan dasar daun singkong.

Semua guru terlibat lansung untuk kesuksesan kegiatan panen raya tersebut. Muaranya, para siswa akan dapat nantinya membagi ilmu atau menerapkan ilmu yang sudah mereka peroleh terkait berbagai menu masakan dari bahan daun singkong tersebut," pungkas Lili. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru