Deklarasi Nagari Pengawasan Pemilu Partisipatif Digelar di Kawasan Saribu Rumah Gadang

POLITIK-583 hit

Penulis: AA | Editor: Redaktur

Padang Aro - Kawasan Nagari Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu, Solsel menjadi salah satu tempat untuk pelaksanaan Deklarasi Nagari/Kampung Pengawasan Pemilu Partisipatif untuk Pemilu 2024 nanti oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok Selatan.

Dipilihnya Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang tersebut menjadi tempat pelaksanaan Deklarasi, menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Selatan sebagai bentuk usaha dari Bawaslu melibatkan masyarakat untuk turut serta melaksanakan pengawasan Pemilu yang akan di laksanakan tahun 2024 nanti.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Bawaslu ingin turut serta menjadi salah satu lembaga yang ikut mempromosikan objek wisata yang ada di Solok Selatan itu," jelas Bawaslu Solsel Zulnasri saat Deklarasi Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang, Rabu (15/11/2023).

Turut hadir saat itu, H. Yulian Efi yang Wakil Bupati Solsel dengan atributnya dari Partai Demokrat, Armensyah Johan Pimpinan DPRD Solsel sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Solsel, Ketua Partai Politik, Camat se-Solsel, beberapa orang utusan OPD, Ormas, dan sebagian wartawan.

Dikesempatan itu, Zulnasri menyampaikan apresiasi dan mengajak semua pimpinan Partai peserta pemilu di Solsel untuk turut serta menjadi bagian dalam mensukseskan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu, hingga terwujudnya pemilu yang damai, aman dan sukses," pungkasnya.

Camat Sungai Pagu, Ibrahim selaku tuan rumah saat itu, menyatakan dirinya selaku pimpinan wilayah di daerah tersebut menjamin terlaksananya Pemilu yang aman, damai dan terbebas dari keterlibatan ASN, dan Perangkat Nagari nanti untik politik praktis.

" Saya menjamin, ASN, Wali Nagari dan Perangkat Nagari di Kecamatan ini tidak boleh berpolitik, dan semuanya sudah jelas aturannya. Untuk saya sendiri, selaku camat bisa cek di lapangan, dan pastikan saya tidak terlibat," katanya

Bahkan Ibrahim memberi ruang pada semua kontestan Pemilu 2024 untuk menyampaikan program partai atau calon masing ke masyarakat Kecamatan Sungai Pagu yang punya wajib pilih sebanyak lebih kurang 24 ribu tersebut.

Sementara itu Wali Nagari Koto Baru , Ahmad Julaini menyampaikan apresiasi pada Bawaslu Solsel yang sudah menjadikan nagarinya sebagai salah satu tempat pelaksanaan Deklarasi Nagari Pengawasan Pemilu Partisipatif.

" Kami atas nama masyarakat siap untuk mendukung pengawasan pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti," ujarnya.

Bertindak sebagai pemandu Deklarasi Pengawasan Pemilu Partisipatif saat Koordinator Sekretariat Bawaslu Solsel, Admi Munadar yang di ikuti oleh seluruh peserta deklarasi.

Terakhir kegiatan dilaksanakan pembubuhan tanda tangan di baliho tanda bukti dukungan untuk pelaksanaan Deklarasi Nagari Pengawasan Pemilu Partisipatif. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru