Bocah Mengidap Penyakit Jantung Difasilitasi Pemkab. Solsel Menjalani Pengobatan di Jakarta

KESEHATAN-169 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro - Alifa Zea Ananda, bocah berusia dua tahun yang mengidap penyakit jantung akan segera mendapatkan pengobatan yang mumpuni. Dirinya beserta orang tuanya akan diterbangkan ke Jakarta, menuju Rumah Sakit Harapan kita untuk menjemput kesembuhannya.

Zea, panggilan akrabnya, mendapatkan fasilitas pengobatan dari Kementerian Sosial melalui salah satu UPT-nya yakni Sentra Terpadu Inten Soeweno (STIS) dan juga difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Biaya selama menjalani pengobatan nantinya juga akan ditanggung oleh STIS.

Keberangkatannya ini juga akan didampingi oleh satu orang tenaga kesehatan dari Solok Selatan.

Rencananya, Zea dan pendampingnya ini akan berangkat pada Jumat (6/10/2023) besok.

Sebelumnya, pada September lalu pihak STIS yang diwakili oleh Iwan Nurcandra dan Sri Handayani Budiyarti sudah terlebih dahulu berkunjung ke rumah Zea. STIS merupakan sentra multilayanan milik Kementerian Sosial yang melayani semua jenis Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan bermarkas di Bogor, Jawa Barat.

Proses keberangkatan Zea ini cukup panjang namun mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah. Dalam kunjungan pihak STIS, direkomendasikan agar Zea didaftarkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan mengajukan BPJS JKN untuk fasilitas pengobatannya.

Kemudian, proses administrasi lainnya seperti pengurusan rujukan dari RS M. Djamil Padang ditangani langsung oleh Dinas Kesehatan Solok Selatan.

Sejalan, pihak STIS juga memesan rumah singgah untuk ditempati keluarganya saat menjalani pengobatan di Jakarta.

Pemberian bantuan fasilitas kesehatan ini sejalan dengan upaya pemerintah kabupaten untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang bisa dinikmati oleh masyarakat. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru