Disporapar Pessel Berikan Pelatihan Kepemanduan Arung Jeram ke Pokdarwis

PARIWISATA-773 hit

Penulis: Ynd | Editor: Marjeni Rokcalva

PAINAN - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pesisir Selatan memberikan pelatihan kepemanduan arung jeram kepada kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) selama 3 hari, Selasa sampai Kamis (7-9/11/2023) di Hotel Saga Murni.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta ,pelaksanaan kegiatan mengunakan Alokasi DAK Non Fisik tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olaraga Pessel Suhendr mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi dalam berarung jeram bagi pegawai operator arung jeram.

Menurutnya olahraga arung jeram adalah salah satu olahraga wisata air yang tetap banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Pesisir Selatan sehingga para pemandu arung jeram memiliki peran yang sangat penting dalam memandu perjalanan para wisatawan.

"Untuk mencapai tujuan tersebut maka Pemerintah Daerah berusaha meningkatkan kapasitas dan kemampuan personil melalui pelatihan ini sehingga dapat meningkatkan kemampuan para pemandu," katanya.

Suhendri mengharapkan melalui pelatihan ini para peserta dapat mengambil ilmu dan menerapkan ilmunya dalam memandu para wisatawan. "Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dalam menambah pengetahuan dan kompetensi bagi pegawai operator arung jeram," pungkasnya.

Dijelaskannya kegiatan pelatihan ini sengaja dilaksanakan karena potensi yang dimiliki kabupaten Pesisir Selatan sangat besar dengan sungainya yang sangat cocok dikembangkan sebagai wisata alam terutama wisata arung jeram.

Menurutnya pelatihan ini bertujuan agar masyarakat dan anggota Pokdarwis bisa menjadi pemandu wisata alam yang bisa menerapkan sapta pesona. Terutama jika kawasan ini akan didatangi oleh wisatawan.

Dijelaskan Kabupaten Pessel memiliki enam sungai yang bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata arung jeram sebab sungai yang ada di Pessel kondisi sungainya berbatu besar dan curam serta menantang. Cuma potensi sungai tersebut belum di kelola dengan maksimal karena masih banyak kendala kendala jika sungai tersebut dikembangkan menjadi lokasi arung jeram.

Nantinya jika beberapa sungai yang ada di Pessel bisa dikelola sebagai lokasi arung jeram tentu pariwisata Pessel bisa bervariasi selain ada wisata bahari juga ada olahraga yang menguji andrenalin seperti wisata berarung jeram. (Ynd)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru