Tumbuhkan Semangat Haji Sejak Dini MIN 2 Solsel Gelar Manasik Haji

PENDIDIKAN-661 hit

Penulis: AA | Editor: Redaktur

Padang Aro - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Solok Selatan yang beralamat di Badar Gadang Nagari Pasir Talang Utara, Kecamatan Sungai Pagu, gelar kegiatan Manasik Haji di lapangan Pasir Talang, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan pelatihan Manasik Haji tersebut melibatkan seluruh murid MIN mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan pembagian murid mulai kloter 1 hingga kloter 6.

Secara resmi kegiatan tahunan madrasah tersebut dibuka Kepala KUA Sungai Pagu, Hafidz Aulia Rahman, dan dihadiri Ketua Komite MIN 2 Solsel, Rahmat Arianto S.E , pemateri yang sekaligus memberikan praktek Manasik, Pimpinan Holiday Bumi Alam Surambi Zul Efendi bersama Ustad Zulkifli

Kepala MIN 2 Solsel, Dra. Efiliza.M.M mengatakan, kegiatan manasik haji bagi murid Madrasah yang dipimpinnya, merupakan agenda tahunan madrasah.

Adapun tujuan kegiatan tersebut sesuai dengan tema pelaksaan tahun ini, yaitu " Dengan Kegiatan Manasik Haji Kita Tumbuhkan Semangat Haji Sejak Dini. Artinya diharapkan pelaksanaan Manasik Haji ini, akan dapat memberi pembelajaran dan motivasi serta mengenal dari sini terkait pelaksanaan ibadah bagi murid," harapnya.

" Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun mimpi anak-anak MIN 2.Solsel agar kelak mereka memiliki angan-angan dan tekad untuk bisa menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya," harapnya.

Lebih lanjut, Efiliza mengungkapkan pelatihan manasik haji ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang proses menunaikan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima sejak usia dini.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan pemahaman tentang ibadah haji sejak usia dini. Paling tidak nantinya ada keinginan untuk bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci," harapnya.

Usai Kemad MIN 2 Solsel, Efiliza menyampaikan sambutan, hujan turun dan suasana murid bubar mencari lokasi yang aman untuk terhindar dari hujan.

Sebelumnya Murid Kelas 6, yang merupakan kloter 6 saat kegiatan Manasik Haji tersebut sudah melakukan praktek Manasik dibawah bimbingan Ustad Zulkifli dengan didampingi Ilhaminuri (penanggungjawab kegiatan), serta beberapa majelis guru lainnya.

Rangkaian demi rangkaian dan lafaf demi lafal ayat disetiap tahapan Manasik tersebut disampaikan oleh Ustad Zulkifli yang di iringi oleh peserta kloter 6 tersebut.

Sementara itu, Kepala KUA Sungai Pagu Hafidz Aulia Rahman sebelum pembukaan, mengatakan pihak sangat mengapresiasi kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan MIN 2 Solsel itu.

" Pelaksanaan Manasik Haji ini, selain akan menjadikan murid lebih mengenal tata cara Pelaksanaan Manasik, juga akan menjadikan mereka sebagai bagian dalam menyiarkan agama Islam ditengah-tengah masyarakat," jelasnya.

Bahkan dengan adanya kegiatan Manasik Haji ini akan menjadi salah satu wadah untuk memotivasi orang tua dan masyarakat di sekitar kegiatan untuk berkeinginan menunaikan ibadah haji," jelasnya

Akhirnya dengan kondisi cuaca yang tidak mendukung, karena hujan semangkin lebar. Akhirnya kegiatan manasik haji MIN 2 Solsel tersebut hanya sampai di situ, dan murid beserta orang tua lansung pulang. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru