Pemkab Solsel Optimalkan Peran Desa Tangguh Bencana

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro - Pemda Solok Selatan melalui Kelompok Desa Tangguh Bencana (Kelompok Destana) diharapkan mengoptimalkan perannya sebagai pihak yang terdekat dari setiap kejadian atau bencana yang terjadi.

" Kita ingin Kelompok Destana ini, akan menjadi pihak pertama yang bisa mengidentifikasi atau yang bisa langsung menangani bencana yang terjadi di daerahnya," harap Kepala BPBD Solsel, Novi Hendri saat membuka kegiatan bagi dua Kelompok Destana di Solsel yang dilaksanakan di Ruang Kantor Wali Nagari Pulakek Koto Baru, Rabu (12/9/2023).

Ditambahkannya, melalui Destana ini tentu diharapkan ketika ada kejadian bencana, kelompok ini akan dapat segera menanganinya.

Selain itu, setiap bencana di suatu daerah atau suatu nagari di daerah ini, yang persis tahu lokasi dan keadaan di daerah kejadian tentulah kelompok ini," tambahnya.

Maka melalui kegiatan penguatan kapasitas kawasan dalam penanggulangan bencana ini, diharapkan setiap kelompok Destana yang ada di Kabupaten ini akan lebih optimal lagi dalam melaksanakan mitigasi bencana serta penanganan bencana itu sendiri, mulai dari pendataan, identifikasi serta penanggulangan bencana tersebut.

Artinya, masyarakat diharapkan lebih tanggap dan gerak cepat bersama dukungan kelompok Destana dalam menghadapi setiap bencana.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Solsel Nofiardi Amela menambahkan, saat ini di Solsel tercatat ada enam Kelompok Destana yang sudah terbentuk.

Sedangkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan wawasan penanganan dan mitigasi dari enam kelompok Destana yang ada di Solok Selatan tersebut.

Dijelaskannya, pada hari pertama kegiatan Penguatan Kapasitas Kawasan Dalam Penanggulangan Bencana bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD dilaksanakan mulai Selasa (11/9/2023) untuk Destana Nagari Pakan Rabaa dan Destana Nagari Pasir Talang Selatan.

Berikutnya, hari ini Rabu (11/9/2023) kegiatan di ikuti kelompok Destana Nagari Pulakek Koto Baru dan Destana Nagari Kapau Alam Pauh Duo. Berikutnya adalah kelompok Destana Nagari Lubuk Gadang Timur, kelompok Destana Nagari Sungai Kunyit.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut menurut Nofriadi Amela adalah Fasilitator BPBD Provinsi Sumbar, Andre dan Andriko, yang akan memaparkan teknik penanganan bencana dan mitigasi. Sedangkan Nara Sumber BPBD Solsel, Aribel, akan mengupas terkait pemanfaatan dana nagari untuk mendukung kegiatan Destana yang ada di nagari. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru