Kampung Bebas Narkoba Pertama di Bukittinggi Dilaunching Pemko Bersama Polresta Bukittinggi

PEMERINTAHAN-222 hit

Penulis: yus | Editor: Medio Agusta

BUKITTINGGI - Kelurahan Campago Ipuah Kecamatan Mandiangin Koto Salayan ( MKS ) di Lounching sebagai Kelurahan Pertama jadi Kampung Bebas Narkoba di Bukittinggi oleh Pemko bersama Polresta setempat

Kegiatan ini dilaksanakan Wako Erman Safar bersama Kapolresta Bukittinggi Kompol Yessi Kurniati, di Aula Kantor Camat MKS, Senin (11/09).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengatakan, kegiatan ini merupakan program konkrit dari penerapan Adat Basandi Syara' Syara' Basandi Kitabullah.

Baca Juga


Dengan digagasnya Kelurahan Campago Ipuah sebagai kampung bebas narkoba, Wako berharap, tidak ada lagi kasus narkoba di kelurahan ini khususnya dan di Bukittinggi pada umumnya.

"Narkoba dapat merusak tatanan sosial lain, dan berpengaruh pada tindak kriminal lainnya. Dengan launching ini, kita berharap, angka penyalahgunaan narkoba dapat dikurangi dan tindak kriminal lainnya pun juga berkurang. Target kita nol narkoba," jelas Erman Safar

Wako sebagai kepala pemerintahan, akan mendukung program kampung bebas narkoba ini, serta mendukung seitap kegiatan positif kepemudaan yang dilaksanakan di Bukittinggi, khususnya di Kelurahan Campago Ipuah, ujarnya.

Wako juga meminta dalam beberapa bulan kedepan, dibentuk juga minimal dua kelurahan lagi di Bukittinggi, untuk dijadikan kampung bebas narkoba.

"Nantinya kita akan lombakan. Bagi yang terbaik, dan kasus narkobanya minim, akan diberikan reward dari Pemko berupa CCTV di kelurahan untuk memantau aktifitas di area publik," ungkap Wako.

Sementara Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol. Yessi Kurniati, mengapresiasi komitmen dari masyarakat Campago Ipuah, menjadikan kelurahan ini sebagai daerah bebas dari narkoba.

Hal ini menurut Kapolres menunjukkan keinginan masyarakat untuk bersama sama menjauhkan diri dari bahaya laten narkoba.

"Inisiatif masyarakat Campago Ipuah ini, patut diapresiasi. Bagaimana keinginan dari masyarakat bersama dengan pemerintah dan juga kepolisian, untuk mengurangi dan menjauhkan warga dari narkoba," jelasnya.

Dikatakannya, di wilayah hukum Polresta Bukittinggi, ini merupakan salah satu kelurahan unggulan dan yang pertama dideklarasikan sebagai kampung bebas narkoba.

Kapolres meminta Masyarakat berperan aktif, karena Bukittinggi sebagai kota perlintasan dan kota wisata, tentu harus tetap waspada.

Bukittinggi sangat rawan terhadap peredaran narkoba. Untuk antisipasi, butuh peran serta semua pihak, harap Kapolresta Bukittinggi.

"Terima kasih atas dukungannya. Ini diharapkan bisa jadi contoh bagi daerah lain, khususnya di wilayah hukum Polresta Bukittinggi," pungkasnya.

Ikut memberi sambutan Kepala BNNK Payakumbuh, M. Febrian Jufril, yang menyampaikan, BNN mengapresiasi dan mendukung Kelurahan Campago Ipuah jadi Kampung bebas dari narkoba.

"Ini wujud kebijakan pemerintah terkait akselerasi perang dengan narkoba. Kita haris bersinergi untuk mengatasi masalah narkoba, karena ini tanggung jawab kita semua," jelasnya.

Lurah Campago Ipuah, Wisnaldi, dalam laporannya menjelaskan, deklarasi kampung bebas narkoba ini, telah diawali dengan pembentukan pos kampung bebas narkoba di setiap RW. Memberikan edukasi dengan sosialisasi serta penyuluhan pada masyarakat dan peserta didik, tentang bahaya narkoba.

Selain itu, telah dibentuk satgas pencegahan narkoba dan P4GN.

Dalam deklarasi anti narkoba, dinyatakan bahwa masyarakat kelurahan Campago Ipuah menyadari, narkotika merusak generasi bangsa. Oleh karena itu, masyarakat Campago Ipuah berkomitmen, menolak segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran narkotika di wilayah Campago Ipuah, serta menyatakan perang melawan narkotika.

Mendukung aparat penegak hukum dalam upaya penegakan hukum sesuai prinsip negara hukum terhadap setiap pelaku penyalahgunaan narkotika.

Mendukung aparat penegak hukum dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Menjadikan kampung Kelurahan Campago Ipuah bebas dan sehat tanpa narkoba, tambahnya

( yus )

Loading...

Komentar

Berita Terbaru