Pemkab dan Wakil Rakyat Solsel Dukung Kegiatan Adat Jadi Even Tahunan

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan adat yang dilaksanakan di nagari yang ada untuk menjadi even rutin tahunan. Pasalnya pelaksanaan kegiatan ini dinilai menjadi salah satu upaya pelestarian adat yang ada di daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam acara Mambantai Kabau dalam Prosesi Turun ka Sawah dan Makan Bajamba Basamo di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Senin (28/8/2023).

"Tadi sudah disampaikan oleh Ketua KAN (Kerapakatan Adat Nagari) Koto Baru, ini terima kasih atas masukannya. Ini akan ditindaklanjuti, bahwa kegiatan Turun ka Sawah untuk diprogramkan menjadi kegiatan tahunan oleh Pemkab," kata Khairunas siang ini.

Menurutnya, kegiatan Turun ka Sawah ini merupakan kegiatan turun-temurun yang telah dilakukan oleh masyarakat Solok Selatan yang menjadi simulasi nyata pelaksanaan kebersamaan, kekompakan, dan gotong-royong masyarakat.

Adapun kegiatan Turun ka Sawah ini menjadi kegiatan yang setiap tahun dilakukan menjelang penanaman padi dan dilaksanakan oleh seluruh Niniak Mamak yang ada dilingkungan KAN Koto Baru di Kecamatan Sungai Pagu.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar seluruh masyarakat serentak dalam menanam padi dan dijauhkan dari bencana hama. Juga untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat dan juga dengan pemerintah.

Ini menunjukkan dengan kekompakan dan kebersamaan tidak ada yang tidak bisa dilakukan dan tidak ada yang tidak bisa dibangun.

Hal ini sejalan dengan semangat kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati saat ini untuk membangun Solok Selatan yang maju dan masyarakat yang sejahtera.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyampaikan kepada masyarakat Sungai Pagu, Koto Baru khususnya mengenai even Pemilihan Duta Pariwisata Sumatera Barat yang akan dilaksanakan di wilayah tersebut.

Pemkab mengharapkan nantinya sebagai tuan rumah, seluruh masyarakat akan mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Tentunya sebagai tuan rumah, saya menghimbau kepada kita semua untuk mendukung suksesnya pelaksanaan even ini, yang tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan UMKM kita di Kabupaten Solok Selatan," kata Bupati.

Sementara itu, Pimpinan DPRD Kabupaten Solsel Armensyah Johan dikesempatan itu juga turut mengapresiasi berbagai kegiatan yang sudah menjadi tradisi di daerah tersebut, salah satunya kegiatan Membantai Kabau Turun Ke Sawah yang dilakukan pemangku adat bersama kaumnya di Nagari Koto Baru.

" Sebagai anak nagari, saya akan turut memberi kontribusi penuh pada berbagai kegiatan yang dilaksanakan di daerah ini," jelasnya.

Bahkan saat itu, Armensyah Johan atas nama wakil rakyat akan mendorong kesusksesan kegiatan membantai kabau untuk profesi turun ke sawah dan siap mengalokasi anggaran APBD Solok Selatan sebesar Rp. 100 juta.

" Nanti untik kegiatan ini, Ninik mamak tidak akan terbebani lagi dengan berbagai biaya untuk pelaksaan ini," pungkasnya.

Hal senada untuk mendukung kegiatan tersebut juga disampaikan Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Mario Syah Johan. Bahkan dirinya mengapresiasi seluruh tokoh masyarakat yang sudah berjuang untuk pemekaran daerah tersebut.

Bahkan dikesempatan itu, Mario Syah Johan yang merupakan anak kemenakan dari daerah yang ada di Nagari Koto Baru itu meminta pada semua pemangku adat untik tetap kompak dan terus berkontribusi untik mendukung berbagai kegiatan pembangunan yang dilakukan Pemerintah.

Dirinya dikesempatan itu juga memohon untuk diberi petunjuk kearah yang lebih baik dan ditegur jika ada salah dalam mengisi kegiatan pembangunan melalui amanah wakil rakyat yang sedang diembannya.

" Maklumlah kami masih muda, jadi mohon saran dan kritikan dari tokoh masyarakat jika ada yang salah dalam berujar maupun berbuat untuk mendukung kegiatan pembangunan di daerah kita ini," jelasnya

Usai kegiatan ini dilaksanakan makan bajamba alias makan bersama seluruh jajaran pemerintahan, Niniak Mamak, dan Bundo Kanduang.

Setelahnya juga dilakukan pembagian bantuan bibit dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan berupa bibit manggis, bibit durian, bibit pinang, dan bibit ikan. Selain itu juga diberikan bantuan hand tractor untuk kelompok tani.

Dalam kesempatan ini Baznas Solok Selatan juga memberikan bantuan biaya pendidikan senilai Rp 48.2 juta untuk 42 orang dan bantuan konsumtif lansia senilai Rp 22,8 juta untuk 45 orang.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Mario Syah Johan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solsel, Armensyah Johan, Sekdakab. Solsel Dr. H. Syamsurizaldi, Forkopimda, Forkopimcam, serta jajaran Kepala OPD dan Wali Nagari. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru