Adu Kuat Kekuatan Besar Dibelakang Calon Penjabat Sementara Wako Sawahlunto 2023-2024

Penulis: Iyos | Editor: Medio Agusta

SAWAHLUNTO - Masa berakhirnya kekuasaan H.Deri Asta dan H.Zohirin Sayuti selaku walikota dan wakil walikota Sawahlunto tinggal hitungan hari, tepatnya 17 September 2023. Namun hingga kini, siapa penjabat pengisi kekosongan pemerintahan masih teka-teki, walau nama-nama yang beredar sudah masuk radar untuk direspon Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri.


Meski dirahasiakan, ada bocoran informasi dari sumber yang tak bersedia identitasnya di publikasi mengatakan, nama-nama seperti Drs Maifrizon,M.Si (Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar), Dr.dr. Ambun Kadri.M.Kes (Sekdako Sawahlunto), dan Medi Iswandi ST.MM (Kepala Bappeda Provinsi Sumbar) merupakan tiga nama yang sudah masuk radar dari usulan Pemprov Sumatera Barat ke Pemerintah Pusat.


Tidak hanya calon penjabat yang diusulkan Pemrov Sumbar, tiga nama lain juga diajukan DPRD Kota Sawahlunto turut meramaikan bursa penjabat sementara Wako Sawahlunto 2023-2024 seperti, Drs. Irzam.MM (Assisten I Bidang Pemerintahan), Drs Guspriadi, MM (Kaban Kepegawaian dan SDM), serta nama lain Drs.Rovanly Abdams,M.Si (Kadis Kominfo Kab.Dharmasraya).


Nama-nama tersebut terkonfirmasi diakui Sekretaris DPRD Dedi Syahendri,S.STP, M.Si yang mengatakan ketiga nama kandidat penjabat itu merupakan hasil yang tentukan dan di umumkan dalam rapat paripurna DPRD tentang pemberhentian kepala daerah pada tanggal 31 Juli 2023 silam sesuai Permendagri no.4/ 2023 tentang pengusulan Penjabat Kepala Daerah Kabupaten / Kota.

Menurut Dedi Syahendri, ketiga nama yang di paripurnakan DPRD Sawahlunto tersebut berkasnya sudah diantar langsung ke Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 9 Agustus 2023 lalu. Dan nama ini juga sudah masuk radar kandidat penjabat walikota Sawahlunto yang akan berebut kursi dengan masa kekuasaan sekitar satu tahun tanpa pemilihan umum.

Adu kuat Maifrizal - Rovanly Abdam ?

Dibalik bergulirnya nama-nama tersebut, ada dua nama yang masuk jaring terkuat menurut sumber spekulasi yang juga dirahasiakan. Kedua nama itu menurutnya adalah Maifrizal Dt.Maruhun (Pejabat di Sekretariat DPR RI), dan Rovanly Abdams (Kadis Kominfo Kabupaten Dharmasraya). Pertanyaannya, kenapa kedua nama itu sangat kokoh dalam simulasi dan perkiraan ?

Baca Juga


Sumber merilis adu kuat akan terjadi antara kedua tokoh birokrat tersebut, karena ada kekuatan besar yang berdiri dibelakang mereka untuk mendorong Kemendagri memilih satu diantaranya. Ingin tau ? Lanjut sumber itu yang dihubungi beritaminang.com tadi siang.

Walau masih jadi teka-teki tentang kepastian siapa yang akan terseleksi menjabat walikota Sawahlunto 2023-2024 mulai samar terlihat. Ada kemungkinan kekuatan besar yang berada dibelakang Maifrizal Dt.Maruhun adalah Osman Sapta Udang atau dikenal dengan nama Oso, Ketua DPP Partai Hanura.

Oso diduga menjadi tumpuan Maifrizal dengan alasan kedekatan tokoh ini berada dekat tampuk kekuasaan Presiden Jokowi. Bukan tidak mungkin hubungan emosional antara Oso dan Jokowi bisa menggarisbawahi nama Maifrizal naik kepuncak kekuasaan sementara sebagai penjabat Wako Sawahlunto.

Tetapi, adu kuat juga perlu perhitungan atas nama lain Rovanly Abdams. Dibelakang nama birokrat sejati ini juga ada kekuatan besar partai banteng merah PDI Perjuangan yang dipimpin Megawati Soekarno Putri. Kenapa Megawati ? Ya, menurut sumber lagi, beliau memiliki kader kesayangannya di Kabupaten Dharmasraya yaitu Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang kini jadi boss Rovanly Abdams di Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya.

Ada kemungkinan nama Rovanly Abdams menusuk pintu masuk melalui Sutan Riska, yang kemudian mendapat respon kekuatan besar kubu Megawati Soekarno Putri. Kemungkinan itu menurut sumber sangat mungkin jika dilihat dari kinerja Rovanly Abdams dimata Bupati Dharmasraya Sutan Riska.

"Saya yakin dan memperkirakan adu kuat akan terjadi antara Maifrizal Dt.Maruhun dan Rovanly Abdams. Namun semua bisa jadi dinamis sesuai selera penguasa yang sarat dengan kepentingan politik saat ini." Ungkap sumber mengkalkulasi siapa yang akan keluar menjadi pilihan Kemendagri. (Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru