124 Profesor dan Doktor Memenuhi Syarat Jadi Calon Rektor UNP

PENDIDIKAN-684 hit

Penulis: MR | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG - Senat Universita Negeri Padang (UNP) sudah memulai proses pemilihan Rektor Baru untuk jabatan 2020-2024. Dan pelaksanaan sosialisasi pemilihan Rektor UNP sudah dimulai sejak tanggal 23 Januari 2020 lalu.

Hal tersebut dikatakan Ketua Pemilihan Rektor UNP Ir. Syahril, M.Sc, Ph.D dalam temu pers di Kampus UNP Air Tawar Padang, Minggu (26/1/2020).

Disebutkan Syahril, ke-124 dosen UNP yang bergelar profesor dan doktor tersebut merupakan orang-orang yang masuk kriteria dan syarat sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Diantaranya, syarat itu, sudah berpangkat Lektor Kepala dan minimal Gol IV/a. Disamping itu, minimal sudah menamatkan pendidikan doktoral (S-3).

Tampak juga hadir dalam temu pers Rektor UNP Prof. Drs. Ganefri, M.Pd, Ph,D, Ketua Senat UNP Prof. Dr. Z Mawardi Effendi, Sekretaris Senat Prof. Dr. Syufiarma Marsyidin, M.Pd serta panitia pemilihan lainnya, Syahril yang juga menyebutkan, pemilihan dilakukan, karena jabatan Rektor UNP saat ini akan berakhir tanggal 19 Juli 2020 mendatang. Dan menurut peraturan yang ada, pemilihan rektor harus dilaksanakan selambat-lambatnya lima bulan sebelum jabatan rektor berakhir.

Ditambahkan Sekretaris Senat UNP, Prof. Dr. Syufiarma Marsyidin, M.Pd, proses pemilihan rektor berlangsung dalam 12 tahapan hingga pelantikan. Tahapan pertama, dimulai dari sosialisasi pemilihan rektor 2020-2014 (23 Januari - 8 Februari 2020), kemudian dilanjutlkan Pengumuman Pendaftaran Bakal Calon Rektor (23 Januari 2020). Tahap krusial dalam pemilihan ini, dimulai dari penetapan nama-nama bakal calon Rektor oleh Senat UNP tanggal 14 Februari 2020 mendatang. "Senat akan menetapkan minimal empat nama yang mendaftar. Bila tidak cukup empat nama, bisa jadi dilakukan perpanjangan pendaftaran," sebut Prof. Syufiarma.

Tahap krusial selanjutnya adalah proses penjaringan tiga nama oleh Senat dalam Rapat Senat Tertutup, tanggal 26 Februari 2020. Tiga nama yang ditetapkan kemudian diajukan ke Menteri Pendidikan RI. Bila tiga nama mendapat persetujuan Menteri Pendidikan, kemudian akan dilakukan pemilihan oleh Senat UNP bersama Menteri Pendidikan (dijadwalkan tanggal 12 Maret 2020). Hasil pemberian suara yang dilakukan 96 anggota Senat UNP, kemudian diajukan kepada Menteri Pendidikan RI untuk disetujui menjadi Rektor. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru