Gubernur Bersama Bupati Tabuh Gandang Tambua, Pekan Budaya Limapuluh Kota 2023 Resmi Dimulai

Penulis: Do | Editor: Medio Agusta

LIMA PULUH KOTA - Pemukulan Gandang Tambua oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah bersama Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dan unsur Forkopimda secara resmi menandai dimulainya Pekan Budaya Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2023.

Bertemakan 'Melalui pekan budaya kita tingkatkan kualitas masyarakat, beragama, beradat, dan berbudaya' , event tersebut akan diselenggarakan seminggu penuh, dimulai hari senin hingga sabtu, 7-12 Agustus 2023 di Komplek Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Bukik Limau, Sarilamak.

Terakhir kali di selenggarakan di tahun 2019 dikarenakan pandemi Covid-19, pekan budaya akan menampilkan berbagai Seni dan budaya yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Tidak hanya itu, berbagai stand dari Organisasi Perangkat daerah, sejumlah instansi, BUMN maupun BUMD dan UMKM Limapuluh Kota ikut memeriahkan festival tahunan tersebut.

Baca Juga


Disaksikan oleh ribuan masyarakat yang memadati venue acara, Pekan Budaya tahun ini juga diikuti oleh sejumlah perwakilan Ikatan Pertumbuhan Keluarga Minang Negeri Sembilan.

Bupati Safaruddin dalam sambutannya menyampaikan, terselenggaranya pekan budaya tahun 2023 diharapkan mampu meningkatkan eksistensi nilai-nilai budaya Minangkabau pada perkembangan zaman dan era globalisasi saat ini.

"Melalui sejumlah perlombaan dan festival yang diselenggarakan seminggu penuh diharapkan akan mambangkik batang tarandam, memperkuat kembali nilai-nilai budaya Minangkabau bagi masyarakat terutama generasi muda," ujar Bupati.

Dengan adanya acara pekan budaya Kabupaten Limapuluh Kota tambah Bupati, dapat menjadi agenda tahunan dan dijaga serta dikembangkan sehingga akan menciptakan daya tarik dan ciri khas suatu daerah bukan hanya masyarakat lokal, tapi juga wisatawan dalam negeri hingga wisatawan mancanegara. Kemudian dikatakannya, kegiatan pekan budaya turut jadi wadah untuk menampilkan seluruh karya seni yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota sehingga lebih dikenal masyarakat luas.

Mengamini sambutan Bupati, Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Syaifullah mengatakan sangat mengapresiasi terselenggaranya Pekan Budaya Limapuluh Kota 2023.

"Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam melestarikan budaya di masing nagari-nagari," sanjung Syaifullah. Diharapkan Syaifullah, Pekan Budaya Limapuluh Kota mampu jadi ajang menggali dan melestarikan budaya Minang baik berupa seni, kuliner, manuskrip, bahasa, dan pengetahuan tradisional.

"Kami berharap, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota secara konsisten menyelenggarakan pekan budaya setiap tahunnya, sehingga memiliki efek berganda terhadap adat, budaya, pariwisata hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM," ucap Syaifullah.

Pada pembukaan festival budaya tersebut juga disemarakkan dengan parade budaya tradisional dari berbagai nagari dari 13 Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota.(Do).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru