Anggota DPD RI Emma Yohana Kunjungi Pasar Tradisional Simpang Tigo

Penulis: Medio Agusta

PASAMAN BARAT --Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Hj. Emma Yohana mengujungi pasar tardisional Simpang Tigo, Nagari Koto Baru, Kecamatan Pasaman, Pasaman Barat Sumatera Barat. saat kunjungan tersebut, ia menemukan sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan siknifikan. Kegitan ini dilakukan usaimenghadiri acara Baralek Gadang Luhak Saparampek, Nagari Koto Baru.

" Saat kita mengunjungi pasar tradisonal simpang Tigo, bersama pucuk adat Nagari Koto Baru Samsul Bayang Sinaro, kita mendapati harga Bawang Putih dijual Rp40.000 per kilogramnya, harga tersebut naik Rp15.000 per kilogram," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk harga bawang putih sebelumnya, dijual dengan harga Rp25.000 per kilogramnya. Namun, kenaikan tersebut terjadi dalam satu bulan terakhir.

Baca Juga


" Kita tidak mengetahui secara pasti apa penyebab kenaikan harga tersebut. Akan tetapi ini akan kita cari tau, apakah faktor stok yang sudah mulai menipis atau distribusi barang yang terlambat, sehingga harga mengalami kenaikan," terangnya.

Namun, Di sisi lain anggota DPD RI 4 periode ini mengaku kaget, karena harga bawang merah justru berbanding terbalik dengan harga bawang putih.

" Tadi kita mendapati harga bawang putih turun, tapi justru bawang merah malah turun, kok bisa nya," ujarnya.

Sementara itu, Marjan salah seorang penjual bawang mengatakan, harga bawang merah turun dari Rp35.000 perkilogram menjadi Rp30.000 Per kilogram, mengalami penurunan sekitar Rp5.000 per kilogramnya.

" Tidak stabilnya harga bawang ini sudah satu bulan terjadi, tapi hingga saat ini, faktor yang membuat harga tidak menentu, belum kita ketahui secara pasti. kita membeli ke agen sudah tinggi," ungkapnya.

Ia menyampaikan, meski harga naik atau turun, untuk penjualan bawang masih tetap normal, karena belum merasakan dampak yang berarti.

" Naiknya harga bawang putih, sampai saat ini belum mendengarkan keluhan yang berarti dari konsumen, mungkin dikarenakan kebutuhan terhadap bawang putih di wilayah Simpang Tiga tidak terlalu tinggi," ujarnya.

Loading...

Komentar

Berita Terbaru