KPU Pessel Tutup Pendaftaran PPK, Jumlah Peminat Naik Dari Tahun 2019

POLITIK-523 hit

PAINAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan telah menutup pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Jumlah pendaftar PPK untuk Pemilihan Serentak 2020 sebanyak 649 orang. Meningkat 152 orang jika dibanding pendaftar anggota PPK untuk Pemilu 2019 yang lalu yang berjumlah 497.

"Semoga didapat hasil terbaik, dengan proses terbaik," kata Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar, dihubungi Sabtu pagi, 25 Januari 2020.

Selanjutnya, sebut Epaldi, setelah pendaftaran ditutup tanggal 24 Januari 2020, pihaknya segera melakukan penelitian administrasi untuk menentukan pendaftar yang dinyatakan lolos Seleksi Administrasi dan akan diumumkan pada 28 Januari nanti. Calon anggota PPK yang telah diumumkan lulus Seleksi Administrasi selanjutnya mengikuti Seleksi Tertulis pada 30 Januari 2020.

Baca Juga


"Mengingat luasnya wilayah kabupaten Pesisir Selatan dan demi memudahkan calon anggota PPK, maka Seleksi Tertulis dalam rencananya diselenggarakan di masing-masing kecamatan. Lokasi dan jamnya akan disampaikan saat pengumuman hasil Seleksi Administrasi," tegasnya.

Dengan cara begini, sambung Epaldi, waktu dan biaya yang digunakan oleh peserta seleksi lebih singkat dan hemat. Selain itu pengawasan oleh Bawaslu melalui Panwascam juga akan lebih maksimal. Sebab Panwascam bisa mengenali lebih awal calon anggota PPK dan memberikan informasi ke Kpu Kab Pesisir Selatan jika ada peserta yang diduga tidak memenuhi syarat sebagai anggota PPK.

Sedangkan materi tes tertulis terdiri dari dua hal, yakni materi tentang pemilihan dan materi pengetahuan kewilayahan. Khusus untuk pengetahuan tentang pemilihan akan difokuskan kepada tugas, wewenang dan kewajiban PPK dan PPS. "Kemudian tentang penelitian syarat dukungan pasangan calon perseorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitung perolehan suara," sebut Epaldi.

(MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru