Keltan Terbit Fajar, Sako Selatan Pasia Talang, Peroleh UPPO dari Kementerian Pertanian RI

EKONOMI-484 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Muaralabuh - Kembali Anggota DPR RI, Dr. Hermanto, S.E, M.M apresiasi petani di Kabupaten Solok Selatan melalui usulan untuk membangun usaha pertanian mereka.

Pada tahun ini, melalui Pokok Pokok Pikiran (Pokir) Hermanto yang anggota Komisi IV DPR RI tersebut, telah mengalokasi dana melalui APBN tahun 2023 di Kementerian Pertanian untuk membangun Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO), bagi Kelompok Tani Terbit Fajar di Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan.

Efendi Muharam penghubung Anggota DPR RI Hermanto untuk Solok Selatan didampingi Penyuluh Pertanian Sako Selatan Pasia Talang, Veni Safitri. S. tp, menjelaskan bahwa ini adalah usulan dari masyarakat petani di daerah ini, dan Alhamdulillah mendapat respon positif dari pak Hermanto yang juga membidangi masalah pertanian, " jelasnya saat peletakan batu pertama pembangunan UPPO tersebut, Rabu (24/5/2023).

Kepedulian beliu (Hermanto - red) pada petani bukan tidak beralasan, " selain beliu adalah wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) di sini, beliu yang Komisi IV DPR RI, juga mitra kerja dari Kementerian Pertanian. Apalagi juga anggota BANGGAR APBN," jelas Efendi Muharam.

Pada tahun ini, tercatat lebih kurang 5 sampai 7 milyar dana APBN yang melalui usulan beliu untuk berbagai kegiatan usaha pertanian bagi masyarakat petani di Solok Selatan.

Sedangkan untuk Keltan Terbit Fajar, dialokasikan dana bantuan sekitar Rp. 250 juta, untuk bangunan Unit Pengolah Pupuk Organi (UPPO), mulai dari kandang sapi, mesin pencacah, alat transportasi (angkutan fiard), alat lainnya serta 8 ekor ternak sapi.

Harapannya, " dengan bantuan tersebut diharapkan petani di daerah itu akan dapat mengembangkan dan memproduksi pupuk organik untuk dimanfaatkan dalam budi daya pertanian tanaman pangan di kelompok ternak Terbit Fajar khususnya maupun masyarakat wilayah tersebut pada umumnya.

Hadir pada peletakan batu pertama pembangunan UPPO untuk Keltan Terbit Fajar itu, Sekretaris Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Junedi, Babinsa Sako Selatan Pasia Talang Serda Irwandi pihak dari UPT Pertanian Kecamatan Sungai Pagu, Ketua Keltan Terbit Fajar Ucok beserta anggota dan ketua serta anggota Keltan Harapan Bunda (Nurhayati), Keltan Mangga Segar (Buni Sardi).

Sekna Junedi maupun Babinsa Irwandi berharap dengan adanya UPPO di nagari tersebut akan berdampak pada peningkatan usaha pertanian masyarakat, khususnya Keltan Terbit Fajar.

" Kita berharap, adanya Unit Pengolah Pupuk Organik ini akan membawa peningkatan hasil usaha petani di daerah ini," harap Junedi maupun Irwandi.

Sementara itu, PPL Nagari Sako Selatan Pasia Talang Veni Safitri. S. tp, menjelaskan bahwa kelompok tani yang juga menerima bantuan di nagari ini, baik dari APBN maupun dari APBD Provinsi Sumbar antara lain, Keltan Harapan Bunda yang ketuanya Nurhayati mendapat bantuan ayam dan pakannya, bibit pinang dan pupuk.

Serta Keltan Mangga Segar yang ketuanya Buni Sardi mendapat bibit pinang dan pupuk, terakhir Keltan Terbit Fajar yang ketuanya Ucok memperoleh bantuan pembangunan UPPO," jelasnya. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru