UPT SD Negeri 18 IV Jorong Siap Lahirkan Peserta Didik Hafid Qur'an

PENDIDIKAN-387 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Muaralabuh - Sebagai bagian dari program unggulan Pemda Solok Selatan dalam melahirkan generasi pendidikan yang hafidz Qur'an, UPT SD Negeri 18 IV Jorong, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, wisudah peserta didiknya, Rabu (24/5/2023).

Kegiatan wisuda perdana itu, dihadiri Pengawas Korwil UPT Kecamatan Sungai Pagu, Ahmad Khatib, Ketua Komite Abadi Dt. Jo Nago, Pelatih Hafidz Qur'an Asmaini Nur, Kepala UPT SD 18 IV Jorong, Nurhamidah, S. Pd, majelis guru dan orang tua peserta didik.

Ahmad Khatib atas nama Pemerintah mengapresiasi kegiatan wisudah tahfidz yang dilaksanakan UPT SD Negeri 18 IV tersebut. Selain kegiatan ini mendukung program unggulan Pemda Solsel, juga sebagai bagian dari upaya jajaran Dinas Pendidikan mewujudkan peserta didik yang berkualitas dibidang ilmu pendidikan dan ilmu keagamaan.

" Program Hafidz Qur'an ini tidak saja dalam bentuk semboyan, akan tetapi hadir sebagai sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk peserta didik, orang tua serta untuk keberlanjutan didalam mengikuti proses pendidikan nantinya," harapnya.

Menurutnya, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, peserta didik yang sudah Hafidz Qur'an, apalagi dengan dibuktikan adanya perolehan sertifkat tahfidz akan lebih mempermudah untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Selain itu, juga akan menjadi dasar dan cikal bakal untuk membangun keimanan dan ketaqwaan peserta didik dalam mengahadapi kehidupan yang serba canggih saat ini, " tambahnya.

Ia juga berharap pada orang tua murid agar terus memberikan dukungan dalam pelaksanaan program Hafidz Qur'an, baik yang dilaksanakan di sekolah maupun diluar sekolah melalui kegiatan di pondok tahfidz yang ada di nagari atau Jorong, " pungkasnya.

Dukungan dan apresiasi juga diberikan oleh Komite Sekolah tersebut. Sebagaimana dikatakan Abadi, " pelaksanaan tahfidz di sekolah akan berdampak lahirnya generasi yang berakhlak mulia.

Sedangkan pelatih tahfidz Qur'an, Asmaini Nur berharap agar orang tua juga menyalurkan anak-anak mereka ke pondok atau rumah tahfidz. Sehingga keterbatasan sekolah dalam melaksanakan program tahfid akan dapat terbantu, " harapnya.

Sementara itu, Kepala UPT SD Negeri 18 IV Jorong, Nurhamidah menjelaskan bahwa kegiatan wisuda tahfidz bagi empat orang peserta didiknya itu adalah yang pertama dilaksanakan.

" Dari yang telah mengikuti program tahfid sebanyak 20 orang dari peserta didik kelas 4, 5 dan 6, baru empat orang yang telah diwisuda," jelasnya.

Empat orang yang diwisuda tahfidz diantaranya hafalan satu juz, juz 30 adalah Angel Kencana Putri dan Qurata Aini Huda Zulfi. Berikutnya yang hafal setengah juz, juz 30 adalah Nurul Azkia dan Tiara Rahmadani.

Terlaksananya kegiatan Tahfidz disekolah yang mendatangkan guru hafid Asmaini Nur adalah berkat dukungan semua majelis guru dan orang tua peserta didik.

Kedepan tentu dukungan tersebut masih diharapkan dan dapat ditingkatkan, sehingga keberadaan lembaga pendidikan yang ada di Jorong ini akan dapat dijadikan oleh masyarakat untuk tempat melanjutkan pendidikan dasar bagi anak mereka.

Pihaknya sekolah menurut Nurhamidah, juga sudah memprogram berbagai kegiatan ekstrakurikuler diantaranya, setiap pagi shalad duha, nyanyi wajib, kegiatan baca ayat pendek, nyanyi qasidah dan kegiatan pramuka, yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik.

Sehingga berbagai lomba yang telah di ikuti, telah mampu membawa nama baik sekolah, karena prestasi yang diraih cukup membanggakan. Sehingga pihaknya menargetkan, akan lahir peserta didik yang Hafidz Qur'an di sekolah tersebut.

Tercatat berbagai prestasi diraih peserta didik UPT SD Negeri 18 IV jorong diantaranya, Lomba cerdas Qur'an, rangking 7 di Solsel, masuk final pada tahun 2022, Tingkat Kabupaten.

Berikut juara pada lomba pidato, pertandingan cabang olahraga bulutangkis serta lomba

FL2SN juara 1, bidang IPA. Selain itu guru di sekolah itu juga tercatat sebagai Guru Berprestasi juara 1 di Kecamatan," pungkasnya.

Akhir dari kegiatan tersebut, usai diwisuda para peserta didik menyerahkan mahkota tahfidz kepada orang tua masing-masing. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru