Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru Kemenag Solsel Tuntas

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Muaralabuh, Kementerian Agama Solok Selatan selesai sudah melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA-PPG), bagi 293 orang yang berasal dari seluruh madrasah negeri dan swasta termasuk Raudatul Atfhal se Kabupaten Solsel, Minggu (26/3/2023)

Pelaksanaan USKA PPG yang dipusatkan di MAN 1 Solok Selatan Plus Keterampilan tersebut telah mulai Sabtu (25/3/2023), dan secara resmi dibuka oleh Kakan Kemenag Solsel H. Kasmir, serta dihadiri Kasi Pendis Syaiful Anwar, Kepala MAN 1 Solsel Plus Keterampilan, Zulkifli.

Pelaksanaan USKA -- PPG dilinkungan Kemenag Solsel ini bersamaan dengan diselenggarakannya secara serentak di seluruh Indonesia. Adapun metode yang dipakai adalah metode daring berbasis Tempat Uji Kompetensi (TUK), " jelas Kakan Kemenag Kamir didampingi Kasi Pendis Syaiful Anwar dan Kemad MAN 1 SSPK (Solok Selatan Plus Keterampilan), Zulkifli, Minggu (26/3/2023)

" Atas nama pimpinan, kami mengapresiasi MAN 1 Solsel sebagai TUK penyelenggara USKA-PPG Madrasah tahun 2023 di Kabupaten Solok Selatan," tambahnya.

Menurutnya, MAN 1 SSPK yang menjadi TUK memiliki peran penting dalam mensukseskan digelarnya USKA - PPG Madrasah tahun 2023 ini. "Tanpa atensi dari TUK penyelenggara, USKA - PPG Madrasah tidak akan berjalan seperti yang diharapkan," jelas Kamir

Ditambahkan Kasmir bahwa pelaksanaan USKA - PPG Tahun 2023 ini merupakan bentuk ikhtiar dalam peningkatan kompetensi guru. USKA merupakan pintu gerbang bagi guru sebelum mengikuti PPG Dalam Jabatan.

Sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, bahwa peningkatan kompetensi adalah suatu kewajiban bagi guru madrasah agar tidak tergerus oleh dinamika perubahan zaman.

Muaranya hasil pelaksanaan USKA-PPG ini akan mewujudkan guru di berbagai tingkatan madrasah di daerah ini sebagai guru yang siap untuk menghadapi perkembangan zaman," harapnya

Sementara itu, Kasi Pendis Kemenag Solsel, Syaiful Anwar menambahkan, pelaksana USKA-PPG di Kabupaten Solok Selatan itu digelar 2 gelombang. Gelombang pertama Sabtu (25/3/2023) dengan pelaksanaan 3 sesi pesertanya sebanyak 180 orang.

Kemudian pada gelombang kedua hari Minggu (26/3/2023) masih tiga sesi dengan jumlah pesertanya sebanyak 113 orang.

" Secara umum pelaksanaan USKA-PPG dengan Tempat Uji Kompetensi (TUK), MAN 1 Solsel selama dua hari itu berjalan dengan lancar dan aman," jelasnya.

Hasil dari pelaksanaan USKA PPG ini, menurutnya, Kemenag Solsel akan mendapat gambaran kompetensi guru. Selain itu, Tentu saja bagi guru yang lulus akan dapat melanjutkan PPG Dalam Jabatan, sedangkan yang belum lulus diharapkan terus belajar dan mempersiapkan diri untuk pelaksanaan berikutnya," pungkas Syaiful Anwar.

Sementara itu Kemad MAN 1 SSPK, Zulkifli mengucapakan terimakasih atas sudah diberi amanah madrasahnya sebagai tempat penyelenggaraan USKA-PPG tahun 2023.

Berbagai kekurangan dan keterbatasan fasilitas pendukung pelaksanaan kegiatan utama, pihaknya mohon maaf, dan kedepan akan dapat diperbaiki untuk kesempurnaan," demikian Zulkifli. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru